Pemkab Belum Bentuk Pansel Pengganti Tujuh Pejabat Eselon II

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Sebanyak tujuh pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Pandeglang akan memasuki pensiun pada tahun ini. Bahkan dua diantaranya sudah mengakhir masa baktinya sebagai abdi negara beberapa waktu lalu.

Keduanya yakni Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Tubagus Saprudin serta Dinas Pemuda Olahraga, Cecep Djuanda. Akibatnya dua posisi itu harus di-PLT-kan.

Namun begitu, Pemkab Pandeglang belum membentuk Tim Panitia Seleksi (Pansel) untuk memulai proses persiapan pengisian pejabat baru.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan mengenai pembentukan Tim Pansel. Dia memastikan dalam waktu dekat, hasil pembahasan pembentukan Tim Pansel akan disampaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapat rekomendasi.

“Meski belum ada Pansel, namun kami berharap dalam waktu dekat bisa ditentukan. Konsep itu sudah dibuat oleh BKD (Badan Kepegawaian dan Diklat), tapi belum saya tanda tangani. Tahapan seleki open biding-nya harus dikoordinasikan dengan KASN dinas mana saja yang akan dilelangkan,” ujarnya, Selasa (18/6/2019).

Oleh karena itu, Irna berpesan agar ASN yang merasa layak, untuk mempersiapkan diri mengikuti rekrutmen pejabat Eselon II. Pemkab membuka ruang seluas mungkin bagi siapa saja yang siap bersaing untuk menempati jabatan sebagai kepala OPD.

“Silakan mereka mendaftarkan diri. Tujuh OPD ini akan menentukan langkah kami. Karena hutang kami masih banyak,” ucapnya.

Hanya saja, Irna membeberkan sejumlah kriteria. Dimana dia menginginkan pejabat yang berkompetisi nanti, mempunyai kompetensi, profesional, dan akuntabilitas. Termasuk intelektual dan inovasi untuk membawa perubahan di OPD yang dipimpinnya kelak.

“Saya tidak ingin kadis yang tidak memiliki kualitas dan integritas, tidak punya inovasi. Yang repot nanti saya dan wakil. Jadi kami tidak main-main untuk ke depannya harus orang-orang yang cerdas spiritualnya, intelektual, dan punya jiwa untuk melakukan perubahan di OPD yang akan mereka pimpin,” pesannya.

Terpisah, Kepala BKD Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menjabarkan, pembentukan Tim Pansel sedang berproses. BKD masih menjalin komunikasi dengan KASN. Soalnya Tim Pansel ini nantinya sekaligus untuk menguji calon pejabat yang mendekati masa pensiun.

“Sedang berproses karena kami lagi berkoordinasi dengan KASN kaitan dengan persiapan kita. Baru 2 yang sudah dikosong namun sudah ada Plt. Yang lain masih beberapa bulan lagi. Cuma kami persiapkan dari sekarang. Saat kosong, langsung bisa diisi tidak perlu open bidding lagi. Jadi bisa mempersingkat waktu,” jelasnya.

Akan tetapi Fahmi belum dapat memastikan kapan tahapan seleksi dimulai. Hanya saja dia menyebut, pihaknya menargetkan akhir Juli mendatang struktur Tim Pansel sudah bisa dipastikan.

“Belum tahu mulai proses open biding kapan. Karena kami fokus ke pembentukan Pansel dulu. Target kita Pansel bisa terbentuk akhir Juli. Kita harus mendapat rekomendasi dari KASN,” tutup Mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan itu.

Adapun selain Kepala Disdukcapil dan Dispora, sejumlah pejabat eselon II lain yang akan pensiun diantaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sukran, serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Tatang Efendi. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!