Tiap Tahun, Indonesia Sumbang 1,29 Juta Metrik Ton Sampah ke Laut

MENARAnews.com, Denpasar(Bali) – Menurut, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Yusuf, Indonesia tercatat menyumbang sebanyak 1,29 juta metrik ton sampah per tahun ke lautan.

“Lebih dari 250 juta km² wilayah lautan terdampak pencemaran. Dan mayoritas sampah yang terdapat di lautan berjenis plastik,” jelasnya saat ditemui di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (10/5/2019)

Dilanjutkan, diperkirakan pada 2050, akan lebih banyak sampah dibandingkan ikan di laut. Sudah banyak kerugian yang ditimbulkan dari banyaknya sampah di laut, terutama untuk biota laut.

“Bisa diperkirakan pada 2050, sampah akan lebih banyak daripada ikan dilautan. Seperti misalnya,paus yang ditemukan mati di Wakatobi, ketika dilakukan nekropsi (pembedahan), ternyata perutnya berisi sampah sebanyak 5,9 kilogram. Sama halnya dengan kematian sejumlah penyu yang disinyalir akibat sampah di lautan,” sebutnya.

Sembari Yusuf menambahkan, sampah tak hanya akan berdampak pada ekosistem dan kesehatan manusia saja. Akan tetapi, dapat berdampak juga atau berimplikasi pada industri pariwisata hingga 5% dan pada kondisi terburuk bisa mencapai 8,4 sampai 25,8%. (DI)

 

Editor: N.Arditya

Comments
Loading...
error: Content is protected !!