Ombudsman Nilai UNBK Tahun Ini Lebih Terorganisir

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Ombudsman RI Perwakilan Banten menilai bila pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Provinsi Banten tahun ini relatif lebih baik. Otoritas terkait dipandang lebih siap dan terorganisir dalam menggelar UNBK.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Bambang Poerwanto Sumo mengungkapkan, UNBK tahun ini lebih baik, lantaran Ombudsman tidak menerima laporan maupun keluhan dari masyarakat. Padahal tahun lalu, Ombudsman sempat menyoroti soal pelaksanaan UNBK yang gaduh akibat jaringan yang tersendat.

“Tahun ini keliatannya lancar-lancar saja, tidak seperti tahun lalu yang agak gaduh. Tapi sekarang kami belum menerima laporan adanya keluhan, baik dengan sistemnya, pelaksanaannya, ini tidak ada laporan yang signifikan,” katanya saat ditemui di Gedung Setda Pandeglang, Jumat (10/5/2019).

Pihaknya pun mengapresiasi Pemprov Banten yang dinilai sudah lebih siap melangsungkan UNBK tahun 2019.

“Jadi kami menilai UNBK tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Banten tidak ada kendala, jadi mungkin ini lebih siap dari tahun sebelumnya,” pujinya.

Meski begitu tambah Bambang, Ombudsman bukan tidak ada catatan bagi Pemprov Banten, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dia menjelaskan, walaupun UNBK sudah lebih baik, namun Dindikbud juga perlu lebih memberi fasilitas kepada sekolah-sekolah khususnya yang swasta.

“Karena kan tidak semua sekolah swasta mampu untuk menyediakan komputer. Ini kan ada yang kesulitan sehingga ini menjadi perhatian pemerintah,” ujar Bambang.

Kemudian juga terkait dengan jaringan internet untuk daerah-daerah tertentu yang belum merata. Bambang menyarankan, pemerintah menjalin kerjasama dengan provider seluler.

“Maksudnya supaya provider tersebut memberikan jaringan di daerah yang masih kesulitan menjangkau akses internet. Dengan begitu masyarakat yang berada dipinggir pun bisa turut menikmati jaringan internet dengan baik,” saran pria berkacamata itu. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!