HMI Minta Warga Jaga Persatuan Pasca Pemilu

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Dinamika saling klaim kemenangan atas perolehan suara para kandidat pasangan Presiden dan Wakil Presiden dinilai dapat memecah belah persatuan bangsa.

Terlebih, para pendukung masing-masing calon dari tingkatan atas hingga akar rumput turut memainkan aksi klaim tersebut. Sehingga interaksi sosial masyarakat merenggang. HMI Cabang Jayapura melihat fenomena ini turut terjadi di Papua.

Hariyanto Rumagia, Ketua HMI Cabang Jayapura berharap, semua rakyat Indonesia terkhusus rakyat Papua tidak terfokus pada klaim tersebut, namun justru turut mengawal dan memberikan penguatan kepada KPU untuk fokus mensukseskan Pemilu 2019 dengan jujur dan amanah.

“Rakyat sudah memberikan Hak suaranya, tinggal para penyelenggaran berkewajiaban menjaga suara rakyat untuk tidak di manupulasi melainkan di lindungi dan ditetapkan sesuai aturan yang ada. Rakyat juga harus mendukung kinerja penyelenggara agar tercipta Pemilu yang jujur dan amanah,” kata Hariyanto, Selasa (7/4/2019).

Pihak HMI juga mengapresiasi sikap Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua yang terus mengajak masyarakat menjaga kekuluargaan dan solidaritas Pasca Pemilu ini.

“Harus dipedomani apa yang telah disampaikan para tokoh agama dalam FKUB. Kita tidak boleh terpecah belah hanya karena klime kemenangan presiden dan wakil presiden pilihan. Tunggu saja hasil rekapitulasi menyeluruh,” ucapnya.

Yanto juga menambahkan bahwa, Pemuda, Mahasiswa dan Partai politik terus memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat, untuk tetap menjunjung tinggi nilai demokrasi bangsa ini serta menunjukan kedewasaan pikir kita akan pentingnya menaati aturan yang saat ini dijalankan oleh KPU dalam tahapan pemilu yang sementara berlansung.

“Mari kita semua memberikan apresiasi dan penguatan kepada KPU dan Bawaslu untuk tetap konsen menjalankan tugasnya dengan sisa waktu yang ada. Kepada masyarakat yang ada di Tanah Papua mari kita menahan diri menunggu proses yang dilakukan oleh KPU. serta terus menjaga persatuan kesatuan dan Kebersamaan kita sebagai warga yang baik,” tegasnya.(Surya).

Comments
Loading...
error: Content is protected !!