39 Calon Jemaah Haji Asal Pandeglang Batal Berangkat

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Sebanyak 39 calon jemaah haji asal Kabupaten Pandeglang batal berangkat ditahun 2019. Kemungkinan mereka akan berangkat ditahun berikutnya. Pembatalan mereka menunaikan ibadah haji karena beberapa alasan.

Kasi Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang, Wawan Sofawan menuturkan, puluhan calon jemaah haji yang batal berangkat itu karena alasan sakit, keluarga, bahkan ada pula yang meninggal dunia.

Hanya saja, Wawan tidak bisa memastikan apakah kuota calon jemaah yang batal itu akan diganti.

“Ada yang menunda sekitar 39 orang. Namun yang menunda itu belum tahu kuotanya akan diganti atau tidak. Karena kembali ketingkat provinsi sehingga nanti diakumulasi. Sejauh ini ada 752 orang yang batal berangkat di Banten. Namun sudah terisi dari usulan percepatan pemberangkatan haji. Mereka yang menunda itu akan diberangkatkan tahun berikutnya,” kata Wawan, Jumat (10/5/2019).

Wawan mengungkapkan, tahun ini kuota Jemaah haji bagi Pandeglang kembali mengalami peningkatan. Tahun lalu Pandeglang hanya dijatah sebanyak 770 jemaah. Namun tahun 2019, diberi kuota sebesar 834 jemaah.

“Yang reguler 834 orang. Yang sudah lunas 795. Namun ada usulan percepatan haji pendampingan dan lansia, Alhamdulillah Pandeglang mendapat 191. Jadi Pandeglang tahun ini mendapat 2 kloter lebih. 1 kloter utuh dan 1 kloter lagi gabungan, antara dengan Lebak atau Serang,” bebernya.

Dia menyampaikan, jumlah itu masih bisa bertambah. Mengingat tahun ini Pemerintah Indonesia kembali mendapat penambahan kuota haji untuk 10,000 orang. Sehingga kemungkinan pun, jatah untuk Pandeglang kembali bertambah.

“Sejauh ini belum ada bocoran jatah bagi Pandeglang. Insya Allah mereka nanti masuk dalam pelunasan tahap ketiga. Hanya memang akan diprioritaskan bagi lansia. Infonya akan dibagi merata se-Banten. Keputusannya akan kelihatan tanggal 17 Mei 2019 mendatang,” jelas Wawan.

Dirinya menerangkan, semua calon Jemaah haji yang berangkat tahun ini sudah melunasi Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH). Saat ini para Jemaah hanya tinggal menunggu jadwal pemberangkatan. Kemungkinan ratusan calon tamu Allah itu akan mulai berangkat secara bertahap pada bulan Juli mendatang.

“Mereka sudah melunasi semua, bahkan tahap 2 sudah lunas. Mereka sudah melakukan medical check up. Akan tetapi jadwal pemberangkatan belum diketahui. Kemungkinan akan dimulai pada bulan Juli,” tutup Wawan. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!