Libur Panjang Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Dieng Naik 100 Persen

MENARAnews, Wonosobo (Jawa Tengah) – Kawasan wisata Dieng, terletak di dua kabupaten yang saling berbatasan di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Kedua kabupaten tersebut dipisahkan oleh kali kecil yang berukuran kurang dari 1 meter, kali ini disebut dengan kali mati.

Salah satu Pramuwisata Dieng, Sri Rejeki mengatakan, kawasan wisata Dieng menyuguhkan sejumlah objek wisata berupa Gardu Pandang Tieng yang berada di ketinggian 1789 meter diatas permukaan laut (mdpl). Kemudian objek wisata lain berupa Batu Pandang Ratapan Angin, Telaga Warna dan Telaga Pengilon, komplek Candi Arjuna dan Kawah Sikidang yang terletak di ketinggian mencapai 2000 meter diatas permukaan laut (mdpl).

“Ketinggian ini yang membuat Dieng suhu udara yang berbeda dengan wilayah lain, suhu siang hari berkisar 12-24 derajat celcius sedangkan suhu para malam hari mencapai 6-18 derajat celcius,” tuturnya, (19/4/2019)

Ditambahkan, Sri Rejeki, libur panjang kali ini diperkirakan jumlah pengunjung meningkat pesat yang mencapai 100 persen.

“Kalau libur hampir 100 persen lebih, kami selaku pemandu wisata, jadwal kita menerima tamu banyak, kadang kala satu hari kita bisa menangani tamu untuk pagi dan siang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, di kawasan wisata Dieng terdapat buah spesifik yang tumbuh, yakni Purwaceng dan Carica. Purwaceng berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan jika diolah dapat dijadikan obat kuat bagi laki-laki maupun perempuan, bentuk pohon Purwaceng ini menyerupai rumput.

Sementara itu, Carica (Karika), pohon dari buah ini mirip dengan pohon pepaya, istilah lain dikenal dengan pepaya gunung. Carica mengandung zat anti kanker dan vitamin C, mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan daging. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!