KPU Pandeglang Mulai Mengemas Logistik Pemilu

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang mulai mengemas kebutuhan logistik untuk Pemilu 2019. Karena sejak beberapa waktu lalu, KPU sudah menerima sejumlah logistik kebutuhan pemungutan suara. Pengemasan logistik itu telah dimulai sejak Sabtu pekan lalu.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, logistik yang sudah tiba di gudang KPU meliputi kotak suara, bilik suara, sampul surat suara, hingga formulir model C1. Termasuk logistik yang diadakan oleh kpu Pandeglang seperti bahan material hingga ATK.

“Sejak tanggal 9 Februari kami sudah melakukan penge-set-an terhadap jenis logistik sampul surat suara,” ujar Sujai ketika ditemui di Gudang KPU, Jalan AMD, Kelurahan Kadomas, Senin (11/2/2019).

Sujai menjelaskan, dalam melakukan tata kelola logistik, pihaknya mengedepankan beberapa prinsip, diantaranya harus tepat jumlah, jenis, waktu, sasaran, kualitas serta harus efisien.

“Karena logistik sangat prinsip, karena berkaitan dengan hak politik publik,” jelasnya.

Adapun saat ini, KPU masih menunggu logistik lain yang belum tiba, seperti surat suara, formulir mulai dari lampiran C1 hingga C1 plano, daftar Paslon Capres Cawapres, Daftar Calon Tetap DPD, Caleg DPRD habupaten hingga DPR RI, termasuk alat bantu untuk pemilih difabel.

“Ada yang dilakukan KPU kabupaten kota hanya buku panduan. Sedangkan sisanya seperti formulir, daftar paslon, DCT, surat suara, dan alat bantu dicetak oleh KPU RI,” terang Sujai.

Namun begitu Sujai memastikan, seluruh kebutuhan logistik akan tiba di TPS sehari menjelang pencoblosan. Apalagi setelah dilakukan pemetaan, KPU tidak menemui kendala berarti dalam proses distribusi. Sebab semua jalur bisa dilalui meski hanya dengan kendaraan bermotor roda dua.

“Logistik sesuai ketentuan, harus diterima KPPS sehari sebelum pencoblosan. Tidak ada kendala dalam distribusi, karena kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak,” tandasnya. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!