KPU DEMAK AJAK MASYARAKAT NONTON BARENG DEBAT PERDANA PILPRES 2019

MENARANews – (Demak) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak Jawa Tengah akan menggelar kegiatan nonton bareng (nobar) siaran langsung debat calon presiden dan calon wakil presiden pada 17 Januari 2019 di halaman kantor KPU, jalan Kyai Turmudzi nomor 1, Demak.

Siti Ulfaati, Anggota KPU Kabupaten Demak Devisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM menyarankan dan meminta masyarakat yang ada di Kabupaten Demak, untuk ikut serta nobar debat perdana pilpres yang akan digelar mulai pukul 19.30 WIB.

“Untuk yang belum bisa gabung dengan kami, untuk bisa menyaksikan tayangan langsung ditelevisi yang disiarkan langsung oleh 4 (empat) grup penyelenggara penyiaran, yaitu TVRI, KompasTV, RRI, dan RTV,” saran Ulfa.

Ulfa memaparkan bahwa debat pilpres ini penting bagi masyarakat, dikarenakan masyarakat bisa melihat langsung penyampaian visi misi serta progam yang diusung para calon presiden dan calon wakil presiden, yang tentunya juga sebagai pendidikan politik bagi masyarakat.

“Sehingga masyarakat nantinya juga mengerti dan tau siapa yang akan dipilih, yang sesuai dan menarik untuk kepentingan masyarakat. Tentu harapan besarnya adalah masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah disediakan”. Ujar ulfa.

Karena tidak menutup kemungkinan, lanjut Ulfa, masyarakat akan menentukan pilihannya setelah menonton debat, dimungkinkan pemilih akan melihat faktor argumentasi rasionalnya dan juga daya tarik personal dari masing-masing kandidat capres dan cawapres.

Ulfa mengatakan Debat capres-cawapres diatur dalam peraturan KPU (PKPU) nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu pasal 48, 49 dan 50. Pada pasal 48 ayat 3 menyebutkan bahwa debat dilaksanakan sebanyak 5 (lima) kali dengan rincian; 2 (dua) kali untuk calon presiden, 1 (satu) kali untuk calon wakil presiden dan 2 (dua) kali untuk calon presiden dan wakil presiden.

Dalam debat perdana yang digelar oleh KPU ini mengambil tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Debat akan diselenggarakan sebanyak 4 (empat) kali lagi, 17 februari, 17, 30 maret dan yang terahir baru akan ditentukan tanggal dan tempatnya pada ahir bulan januari oleh KPU RI. Pungkas ulfa.

Sekedar untuk diketahui debat calon presiden dan calon wakil presiden pemilu 2019 yaitu pasangan nomor 01 Ir. H. Joko Widodo-Prof. Dr. (H.C) KH. Ma’ruf Amin dan nomor 02 H. Prabowo Subianto-H. Sandiaga Salahuddin Uno. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!