Kemenko Polhukam Ingatkan Penanganan Bencana Harus Berjalan Baik

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia mengingatkan Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk menjalankan program penanganan bencana dengan baik.

Sebab pemerintah daerah harus berpacu dengan waktu dalam menyelesaikan persoalan pasca bencana tsunami Selat Sunda. Terlebih masyarakat jangan sampai dibiarkan larut dalam kesedihan.

“Jadi kami datang ke sini untuk mempercepat proses penanganan bencana. Bagaimana pun juga kita bermain dengan waktu dan kecepatan. Jangan sampai masyarakat terlalu lama merasakan bencana, mereka harus segera bangkit,” demikian yang diungkap perwakilan dari Deputi IV Bidang Pertahanan Kemenko Polhukam, Kolonel Pontjo Wasono usai rapat koordinasi dengan Pemda Pandeglang di Posko Terpadu Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana Tsunami Pandeglang, Kamis (17/1/2019).

Pontjo mengatakan, kedatangannya ke Pandeglang sebagai upaya meningkatkan koordinasi. Sekaligus memastikan bahwa semua data yang tersaji sudah tersinkronisasi. Mengingat selama ini, koordinasi yang terjadi kerap kali melalui sambungan telepon.

“Di Polhukan juga sudah ada posko yang memantau perkembangan penanganan sejak hari pertama. Namun kami merasa perlu datang ke sini untuk memastikan perkembangan penanganan bencana sendiri. Mengingat selama ini kami hanya berkoordinsi via telpon,” jelasnya.

Ia menerangkan, sebagai lembaga leading sector ditingkat pusat, persoalan yang dialami oleh Pemda akan dikoordinasikan oleh Kemenko Polhukam dengan kementerian maupun instansi terkait dijajaran pusat.

“Kedatangan kami ke sini mensinkronisasikan data terkait dengan kondisi di lapangan saat ini, tentunya kan ada update data dari kerusakan rumah, korban meninggal, jumlah pengingsi, dan hal lain sebagainya. Sehingga manakala terjadi hal yang berada di luar jangkauan dari daerah, maka pusat akan mengkomunikasikan dijajaran kementerian,” sambungnya.

Perihal progres penanganan bencana di Pandeglang, Kemenko Polhukam mengapresiasi kinerja Pemda dan lembaga terkait. Ia menilai perkembangan penanganan bencana tsunami sudah berjalan baik dan dikerjakan secara terintegrasi.

“Perihal progres, saya salut dan bangga. Penanganannya luar biasa cepat, baik dari aparat sampai masyarakat, semua bahu-membahu. Progresnya sangat luar biasa. Ini perlu menjadi contoh semua,” pujinya.

Namun begitu, dirinya tetap menginginkan supaya komunikasi dan koordinasi Pemda setempat dengan Kemenko Polhukam mapun kementerian terkait lebih diintensifkan. Hal itu semata-mata untuk mempercepat proses penanganan bencana.

“Kami berharap kedepan komunikasi lebih diintensifkan supaya penanganan bencana lebih cepat selesai,” tandasnya. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!