Timsel Komisioner KPU Kabupaten dan Kota Di Riau Gelar Tes Wawancara

MENARAnews, Pekanbaru (Riau) – Tim Seleksi Komisioner KPU kabupaten dan kota di Riau menggelar tes wawancara bagi calon komisioner. Bagi para calon, tes ini untuk memasuki babak 10 besar. Pelaksanaan tes dilakukan di Hotel Dafam (3/12/2018).

 

Ketua Timsel I KPU, Muhammad Sahal mengatakan, tes wawancara pada hari pertama ini diikuti oleh 69 peserta, 11 di antaranya merupakan calon komisioner KPU Riau.

 

Akademisi Universitas Riau ini menjelaskan, dalam tes wawancara ini para calon komisioner akan diuji kemampuan dan penguasaan mengenai kemampuan dan penguasaan mengenai Pemilu.

 

“Integritas, kapasitas, kompetensi, independensi, pastinya juga wawasan kepemiluan. Semua komponen itu nantinya yang akan mempengaruhi nilai para calon komisioner bisa masuk dalam sepuluh besar,” ujar M Sahal.

 

M Sahal juga menyampaikan bahwa, untuk menjaring 10 calon komisioner, Tim Seleksi juga akan mengakumulasi seluruh nilai, mulai dari tes kesehatan jasmani dan tes kesehatan rohani dan juga tes wawancara.

 

Calon yang masuk 10 besar tersebut kata M Sahal akan disampaikan ke KPU RI untuk dikerucutkan menjadi 5 orang yang memiliki nilai tertinggi.

 

“Lima orang tersebut akan menjadi komisioner KPU, sedangkan 5 lainnya dipersiapkan menjadi pengganti antar waktu jika ada komisioner KPU yang berhenti atau mengundurkan diri,” ujarnya. (SZ)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!