Natal Bersama Masyarakat Tabi Akan Digelar di Kabupaten Jayapura

 

MENARAnews,Jayapura (Papua) – Natal Akbar bersama Yang pertama kali di gelar sepanjang sejarah kehidupan masyarakat Tabi akan diselenggarakan pada tanggal 14- 15 Desember 2018 yang di pusatkan di Sentani Kabupaten Jayapura.

Hal ini disampaikan Ketua umum Panitia dr. Jhon Manangsang Wally, di Jayapura, Selasa (4/12/208).

Dikatakan, munculnya  ide dari terbentuknya panitia Natal Nuansa adat Tabi ini, berdasarkan printah dari tua-tua adat, LMA, Ketua Dewan adat dan para ondoafi sebagai raja bumi di atas tanah Tabi ini.

“Mereka memberikan mandat kepada kami sebagai panitia untuk menyukseskan acara tersebut. Dengan satu tujuan bahwa, Natal bersama dengan Nuansa adat ingin mempertemukan masyarakat asli yang mendiami tanah Tabi ini ,” katanya.

Melalui Natal bersama ini dalam balutan nuansa adat Tabi, sekiranya semua lapisan masyarakat adat bisa bertatap muka dan saling mengenal satu dengan yang lain, dengan penuh kehangatan dalam merayakan kelahiran Yesus Kristus.

“Disamping itu juga lewat moment natal tersebut, kita ingin berbagi pengalaman dan juga ingin mengali lebih mendalam mengenai kondisi masyarakat adat Tabi, yang berada di Kampung-kampung, misalnya di Sarmi, Mamberambo Raya,sentani dan Keerom. Oleh karenanya moment inilah yang menjadi suatu langkah yang baik,” ujarnya.

Untuk Thema yang diambil dalam natal bersama tersebut ada tiga ‘M’ yaitu Menata Peradaban, Menatap Iman dan Menuju Perubahan.

Thema tersebut lahir dari sebuah refleksi mengenai kehidupan masyarakat Papua, khususnya masyarakat Adat Tabi.Oleh karena itu,dengan moment natal  bersama tahun ini, dengan harapan ada suatu  peradaban dan kesempatan yang baru,di mana sebelumnya susah bertemu,dengan demikian lewat Natal yang akan di selenggarakan nanti kita bisa bertatap muka,” katanya.

Sementara itu,Ketua I Robert Awi untuk wilayah adat Port Numbay mengatakan, Strukrur panitia dalam perayaan natal bersama ini, terbagi dalam lima Kabupaten/ Kota.
Dengan ketua Umum dr Jhon Manangsang.

“Untuk empat Kabupaten dan satu Kota masing-masing punya ketua.untuk Keerom Kundrat Gusbagar, Kabupaten Jayapura Alpius Toam,Sarmi Demianus Kyeuw-Kyeuw, Mamberambo Raya Yakobus Britai,”katanya.

Dikatakan, Panitia sudah sepakat bahwa kegiatan akan dipusatkan kabupaten  Jayapura. Lalu dalam moment pertemuan masyarakat adat Tabi ini ada dua kegiatan yang akan di lakukan yakni Forum diskusi masyarakat Tabi dan perayaan natal bersama.
“Dua moment ini, dengan harapan sebagai sebuah kebangkitan  masyarakat adat Tabi terutama dalam mengkonsolidasi dari seluruh kepentingan masyarakat adat tabi di atas tanah dan negeri ini,
Terutama dalam membuat ataupum menyusun langkah-langkah dalam kebijakan-kebijakan ataupun rekomendasi yang nantinya mendapatkan acuan bagi empat kabupaten dan satu kota,”ujarnya.

Selain masyarakat adat asli Tabi,Natal bersama juga akan dihadiri oleh Gubernur Papua,Pangdam dan Kapolda serta unsur Pemerintahan yang di Kota Jayapura.

Untuk diketahui, Wilayah Adat Tabi meliputi, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya. (Surya).

Comments
Loading...
error: Content is protected !!