Jelang Akhir Tahun Kades Se-Pandeglang Akan Studi Banding Ke Yogjakarta

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Menjelang akhir tahun 2018, Kepala Desa Se-kabupaten Pandeglang akan melaksanakan studi banding ke Daerah Istimewa Yogjakarta. Studi banding itu akan dilakukan selama lima hari, dimulai sejak tanggal 10-15 Desember.

Studi banding dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam hal keuangan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, setiap Kepala Desa yang mau ikut serta dalam kegiatan studi banding ke beberapa desa di Yogjakarta yang diklaim telah berhasil dalam mengembangkan potensi desanya, harus menyediakan uang Rp6 juta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Taufik Hidayat membenarkan wacana itu. Dia mengungkapkan bahwa studi banding ke Yogjakarta merupakan agenda yang penting. Karena para Kades bisa mengadopsi keberhasilan desa dalam mengembangkan potensinya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Para kepala desa akan diajak ke beberapa desa di Yogja seperti halnya ke Desa Ponggok, karena Desa Ponggok merupakan salah satu desa terbaik di Indonesia dalam pengelolaan BUMDes-nya. Bayangkan saja Desa Ponggok bisa menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) pertahunnya sampai Rp6 miliar,” ujarnya, Jumat (7/12/2018).

Taufik menjelaskan, pemilihan lokasi ini merupakan hasil kesepakatan bersama para Kades di Kabupaten Pandeglang yang diwakili oleh para Ikatan Kepala Desa (IKADes).

“Hal itu pun berdasarkan rekomendasi dari lembaga yang sudah kerjasama dengan Kemendagri. Adapun biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap Kades, mencakup ongkos dari Pandeglang-Yogjakarta, biaya penginapan, pemateri, dan biaya lainnya,” jelas Taufik.

Terpisah, Ketua APDesi Kabupaten Pandeglang, Ibnu Hajar membenarkan, jika pada 10-15 Desember 2018 pihaknya akan melaksanakan studi banding ke Yogjakarta, dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur desa.

“Iya benar, kalau enggak salah nanti berangkatnya, Senin ini sampai dengan hari Jumat (10-15 Desember 2018),” ungkapnya. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!