Festival Cycloop Bertajuk Kampanye Akan Segera Digelar

 

MENARAnews, Jayapura (Papua)- Festival Gunung Cycloop yang berada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura akan digelar pasa tanggal 6 sampai 8 Desember 2018 mendatang yang digagas oleh berbagai komunitas di Kota Jayapura.

Festival yang bertajuk ‘Is Not Party, It’s Campaign’, ini digagas atasdasar keprihatinan kondisi cagar alam Gunung Cycloop saat ini, yang dinilai sudah kritis akibat pembalakan dan pembukaan lahan.

“Festival Cycloop di selenggarakan dalam model soft advokasi dan kampanye yang dirancang guna menumbuhkan kepedulian, perhatian serta rasa cinta pada Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Karena kondisi Cycloop saat ini sudah memperihatinkan. Banyaknya Perambahan hutan, penebangan liar, ladang berpindah, penambangan liar serta alih fungsi lahan,m membuatkami dan semua masyarakat dikabupaten dan kota Jayapura harus membuka mata, bahwa Cycloop harus dilindungi,” kata Ketua Tim Kreatif Festival Cycloop, Dian Wasaraka, saat menggelar Media Gathering festival Cycloop di Jayapura.

Dikatakan, acara festival bukan diselenggarakan di Sentani Kabupaten Jayapura, melainkan di Pasir 6 Kota Jayapura. Hal ini lantaran puncak tertinggi Gunung Cycloop berada diwikayah ini, dengan ketinggian mencapai 1.880 mdpl.

Sebelum digelarnya festival tersebut, nantinya akan diisi dengan rangkaian kegiatan seminar, yang bertajuk
‘Cycloop Siapa Peduli’, akan dilaksanakan di aula Makorem 172/PWY pada 6 Desember 2018.

“Setelah seminar itu, esoknya akan dilakukan Konvoi Motor dan Mobil dari Kantor Bupati Tanah Merah dan Penanaman Pohon serta Malam Komunitas, hingga acara puncak dengan pelepasliaran satwa, ritual adat penutupan kawasan secara adat (sasi), tari tarian, pameran anggrek dan lainnya,”ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor :782/Menhut-II/2012 tanggal 27 Desember 2012 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 891/Kpts-II/1999 TentangPenunjukkan Kawasan Hutan di Wilayah Provinsi Daerah Tingkat I Irian Jaya seluas 42.224.840 hektar,maka luasan CA (Cagar Alam) Pegunungan Cycloop seluas 31.479, 84 hektar. (Surya).

Comments
Loading...
error: Content is protected !!