Ibu Rumah Tangga Akui Buang Ratusan KIS Aktif Di Tempat Sampah

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Polres Pandeglang telah memanggil sejumlah saksi dan berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk pemerintah daerah, terkait penemuan sebanyak 748 Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang ditemukan di Kecamatan Carita.

Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui kapan kartu yang ditemukan tersebut diproduksi, kemudian kapan kartu tersebut disalurkan ke masyarakat dan melalui apa.

“Kami masih mencari tahu alur distribusi kartu tersebut untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab dengan kartu tersebut sehingga tidak sampai kepada pemilik kartu,” jelasnya, (14/10).

Ia menegaskan, hingga saat ini pihaknya sudah menemukan orang yang membuang kartu tersebut dengan inisial Ibu M (60) warga Desa Sukarame, Kec. Carita. Adapun hasil pemeriksaan ibu M, yaitu Ibu M mengaku menemukan kartu tersebut di kamar anaknya dan dianggap tidak terpakai lalu dibuang.

“Kami masih melakukan pengembangan untuk mencari motif sebenarnya,” imbuhnya.

Ditambahkan Kapolres, total kartu yang ditemukan sebanyak 748 dari 8 desa di Kecamatan Carita. “Kartu ini masih baru, belum pernah digunakan. Kartu ini belum sampai kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan penemuan ratusan KIS tersebut. Untuk itu, ke depan pihaknya meminta agar pendistribusian KIS harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pemda.

“Jadi kami juga terima kasih atas adanya kejadian ini sehingga semua, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dengan BPJS ini dan dibantu kapolres agar tidak terjadi di kemudian hari, alur pendistribusian kami harus tahu,” jelasnya.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!