Karhutla Melanda, Kodim Putussibau Contohkan Buka Lahan Tanpa Pembakaran

MENARAnews, Kapuas Hulu (Kalimantan)  – Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau gelar sosialisasi Pengolahan Lahan tanpa pembakaran di Desa Sibau Hulu, Kec. Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu. Jum’at (24/08/2018). Kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan penanaman jagung perdana oleh anggota Kodim 1206/Psb seluas 1 hektar lahan yang sudah diolah tanpa proses pembakaran.

Komandan Kodim 1206/Psb Letkol Inf M. Ibnu Subroto, S.I.P, mengungkapkan bahwa Kodim Putussibau mengajak bekerja sama Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Hulu membuka lahan untuk dijadikan percontohan (Demplot) dengan cara tanpa dibakar, sehingga dapat mengurangi kerugian yang disebabkan dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kami yakin bahwa dalam membuka lahan tidak perlu harus dibakar dan kami (Kodim1206/Psb) juga berharap dengan contoh yang nyata ini dapat dipertimbangkan sebagai cara untuk pengolahan lahan di waktu mendatang,” tutur Dandim 1206/Psb.

Dikatakan Dandim 1206/Psb penanaman jagung perdana oleh anggotanya seluas 1 Hektar ini dapat menghasilkan panen yang bermanfaat dan sekaligus menciptakan ketahanan pangan, juga diharapkan kedepan selain jagung untuk tanaman padi dan kedelai juga di tanam diatas lahan, tanpa proses pembakaran.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kalbar Bpk. Heronimus  H., mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI yang sampai pada saat ini tetap menjaga ketahanan pangan yang merupakan ketahanan Nasional dari tingkat pusat sampai dengan tingkat daerah.

Hadir pada acara Tanam Perdana dan Sosialisasi Buka Lahan Tanpa Pembakaran diantaranya, Dandim 1206/Psb Letkol Inf M. Ibnu Subroto, S.I.P, Staf Ahli Bupati Kapuas Hulu, Kadis Pertanian Kalbar, Ka Unit UPT PTPH Kalbar, Kadis Pertanian Kapuas Hulu, Camat Putussibau Utara dan Kepada Desa Sibau Hulu.

Comments
Loading...