Wakil Presiden Jusuf Kalla Beberkan Penyebab Ketimpangan

MENARAnews, Jakarta Selatan (DKI Jakarta) – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla menghadiri Indonesia Development Forum (IDF) 2018 yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan Jakarta, (10/7). Indonesia Development Forum 2018 secara resmi dibuka oleh Wapres RI Jusuf Kalla didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja, para Duta Besar dan gubernur, serta bupati/walikota seluruh Indonesia.

IDF merupakan wadah untuk bertemu dan memberikan solusi langsung bagi Pemerintah Indonesia yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas bekerja sama dengan Pemerintah Australia untuk menurunkan disparitas antardaerah.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Jusuf Kalla mengatakan bahwa masalah ketimpangan ini bukan masalah baru karena setiap saat bisa saja terjadi tergantung dari penyebabnya.

“Dalam sejarah kita, ketimpangan ini, banyak berdampak pada terhambatnya laju pembangunan. Penyebab dari ketimpangan cukup beragam, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga fasilitas sanitasi,” tegas Wapres yang kerap disapa JK saat menyampaikan sambutannya dihadapan para tamu undangan.

Lebih lanjut Wapres menambahkan, konsep awal untuk mengatasi ketimpangan tersebut yaitu meningkatkan daya saing di setiap daerah. Oleh sebab itu, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ketimpangan.

“Agar setiap daerah memiliki tingkat kemajuan yang merata, maka program pemerintah sekarang adalah meningkatkan daerah tertinggal,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menuturkan, Wapres JK secara tegas mengatasi ketimpangan di daerah yaitu dengan cara meningkatkan daya saing. Dalam hal ini, pemerintah daerah selalu mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat.

“Oleh sebab itu, bagaimana kita dapat konsentrasi mengembangkan produk unggulan yang nantinya bisa bersaing di Indonesia bahkan internasional,” pungkasnya. (Red)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!