Sejumlah Objek Wisata di Pandeglang Raup Pendapatan Rp62 Juta Selama Libur Lebaran

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pendapatan dua objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang pada musim libur lebaran kemarin, mencapai Rp62 juta. Dua destinasi tersebut, yakni pemandian air hangat Cisolong dan mata air Cikoromoy. Keuntungan yang diperoleh tahun ini, melonjal drastis dari tahun lalu yang hanya dikisaran Rp30 juta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi menuturkan, peningkatan ini disebabkan oleh adanya pembenahan fasilitas yang dilakukan Dispar, sehingga menarik animo wisatawan.

“Untuk Cisolong selama libur lebaran keuntungannya Rp40.5 juta. Ini sangat menunjang. Padahal tarifnya berdasarkan Perbup, masih murah. Karcis masuk hanya Rp5 ribu, parkir mobil Rl10 ribu. Untuk Cikoromoy tembus diangka Rp12 juta. Sekarang banyak pengunjungnya karena sudah ada beberapa fasilitas penunjang,” ujarnya, Senin (9/7/2018).

Salman menyebutkan, rata-rata kedatangan wisatawan ke satu destinasi pada musim libur kemarin, mencapai 3.000 kunjungan. Jika diakumulasi, maka kini PAD dari objek wisata yang dikelola Pemkab, sudah menyentuh diangka 62.7 persen dari target Rp600 juta.

“Tahun lalu PAD kan hanya Rp200 juta. Kini pendapatannya sudah mencapai 62.7 persen dari target. Sedangkan Karangsari sudah dikelola oleh pihak ketiga dengan nilai kontrak Rp267.5 juta. Jadi kita memang kelola tiga objek wisata itu,” imbuhnya.

Mantan Kadindikbud Pandeglang itu melanjutkan, melalui data tersebut, membuktikan bahwa sektor pariwisata Pandeglang terus berkembang. Apalagi berdasarkan pendataan Dispar, kini rata-rata per hari, jumlah kunjungan wisatawan ke Pandeglang mencapai 16.000 orang.

“Untuk kunjungan melonjak. Tiap hari rata-rata dikunjungi 16.000 wisatawan. Jadi dengan sendirinya angka ini menunjang perekonomian masyarakat. Cikoromoy saja kalau diakumulasi selama libur lebaran, menerima sekitar 25.000 kunjungan,” bebernya.

Namun begitu, Salman menyatakan bahwa sejauh ini belum ada lagi potensi wisata yang bakal dikelola Pemkab. Hanya saja, Dispar akan memfokuskan pembenahan terhadap fasilitas di Cisolong dan Cikoromoy supaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Sejauh ini hanya tiga (objek wisata, pen), kami belum ada potensi wisata lain yang dikelola. Paling nanti tahun 2018 akan kami bangun objek wisata di rest area Panimbang,” pungkasnya. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!