Mesin Pengelola Air Siap Minum Segera Masuk Ambon

MENARAnews, Ambon (Maluku) – Kontainer pengelola air bersih siap minum seperti yang dipergunakan di sejumlah negara di Eropa akan ada di Kota Ambon.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kota Ambon, Enrico Matitaputty kepada awak media di Ambon, Rabu siang (11/7).

Dikatakan, mesin tersebut akan masuk ke Kota Ambon berdasarkan penandatanganan nota kesepahaman bersama Pemerintah Belanda dan Pemerintah Kota Ambon terkait dengan sektor energi terbarukan dan pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) yang melibatkan dua perusahaan besar di Belanda yakni, Nextra Technology – Siemens yang bergerak di bidang pengelolaan waste of energy dan perusahaan Engeldot yang bergerak di bidang penyediaan air bersih.

“Air yang akan dipasang bukan seperti air isi ulang tapi merupakan jaringan pipa dengan sambungan rumah seperti PDAM dan DSA dan langsung bisa diminum seperti di negara-negara maju di Eropa maupun Amerika,” ungkapnya.

Ia mengatakan, teknologi ini di Jakarta pun belum pernah ada untuk sambungan rumah, sehingga keberadaannya di Ambon merupakan yang pertama dari teknologi terbarukan yang mungkin belum pernah dipergunakan di sejumlah kota di tanah air.

Untuk itu, pihaknya saat berkunjung ke Belanda beberapa waktu lalu, telah melakukan kunjungan kerja ke Engeldot Water dan beberapa pabrik yg memproduksi pipa dan lainnya untuk dirakit dalam kontainer air siap minum tersebut.

“Pipa-pipa beserta kelengkapan lain yang dirakit dalam kontainer inilah yang akan memproduksi air bersih siap minum” tambahnya.

Selain itu, imbas dari kerjasama yang dilakukan di Belanda tersebut, dalam waktu dekat, air bersih siap minum bisa dinikmati masyarakat di kota julukan manise ini. (eo-ima)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!