Infografik Kesiapan BPBD Pandeglang Antisipasi Bencana pada Lebaran 2018

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Mau tahu bagaimana kesiapan BPBD Pandeglang? Simak selengkapnya di infografik unik ini:

Infografik BPBD

Kepala Seksi Kebencanaan BPBD Pandeglang Endan menuturkan, mobil Damkar yang disediakan sebanyak 3 unit dengan kapasitas masing-masing 4.000 liter.

“Ketiga unit mobil Damkar itu akan ditempatkan di Posko utama yaitu Kantor BPBD Pandeglang, kemudian di sekitar Selter Tsunami Kecamatan Labuan serta di Kantor Kecamatan Panimbang,” ujarnya saat ditemui di Kantor BPBD Pandeglang, (4/5/2018).

Ia menambahkan, dalam setiap mobil Damkar, didukung sekitar 5 orang sehingga jika ditotal setiap harinya petugas piket BPDB berjumlah 15 orang dengan menggunakan sistem shift.

“Setiap mobil Damkar dibantu dengan mobil dengan tangki air kapasitas 6.000 liter jadi setiap 1 unit Damkar beroperasi, air yang disediakan untuk memadamkan api berjumlah 10.000 liter,” paparnya.

Ia membeberkan, fokus perhatian BPBD di sekitar Alun-alun Pandeglang karena biasanya terdapat pesta kembang api sehingga rentan terjadi kebakaran.

“Kita juga fokus di pemukiman padat penduduk seperti di Kecamatan Carita, Labuan dan Panimbang,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait jumlah kebakaran yang ditangani selama Bulan Ramadan, pihaknya mengaku hingga saat ini sudah menangani sekitar 6 peristiwa kebakaran. Angka tersebut berkurang jika dibandingkan dengan Bulan Ramadan tahun lalu yang mencapai 9 penanganan kebakaran.

“Sampai saat ini kita menangani sekitar 5 sampai 6 kejadian kebakaran. Ada penurunan karena tahun lalu ada 9 kasus kebakaran,” tuturnya.

Ia melanjutkan, penyebab kebarakan cukup beragam, diantaranya hubungan arus pendek, kebocoran gas dan tungku. Namun, penyebab yang paling dominan yaitu hubungan arus pendek.

“Saat ini di Kabupaten Pandeglang belum tersedia Hidran, pasokan air diambil dari sumber mata air di Kecamatan Karangtanjung dan bekerja sama dengan perusahaan yang perusahaan yang memiliki sumber mata air,” imbuh Endang. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!