Cuaca Mendukung, Kawasan Pantai di Banten Akan Dipadati Wisatawan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Sejumlah kawasan pantai di Provinsi Banten, tepatnya yang berada di empat kabupaten kota, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak, diprediksi akan dipadati ratusan ribu wisatawan. Soalnya, kondisi cuaca saat musim liburan tahun ini dinilai mendukung, seperti cuaca cerah dan gelombang laut yang stabil.

“Tahun ini cuaca diprediksi sangat mendukung untuk aktivitas wisata. Ketika cuaca mendukung, wisata pasti ramai. Tahun lalu kan cuaca kurang mendukung, hujan dan angin kencang. Maka kami perkirakan akan banyak wisatawan sehingga kami maksimalkan (personel, red),” kata Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten, Ade Ervin, Sabtu (16/6/2018).

Maka untuk menjamin keselamatan para pengunjung, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten menerjunkan sekitar 144 anggota dan 22 relawan. Mereka bersiaga di lokasi pantai yang tersebar di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

“Paling banyak tahun ini terkonsetrasi di Pandeglang dan Serang, tepatnya di Pantai Anyer, Cinangka, Carita, dan Tanjung Lesung. Dan kami juga mendirikan 13 posko, 1 di Cilegon, 2 di Lebak, tepatnya di Pantai Bagedur dan Sawarna,” sebutnya.

Bukan hanya personel, kelengkapan alat penyelamatan pun sudah disiapkan, seperti pelampung dan alat selam, termasuk rambu-rambu disepanjang pantai.

“Kami juga siagakan satu unit mobil emergency yang akan membawa wisatawan saat terjadi kecelakaan wisata ke lokasi medis terdekat,” ujarnya.

Dirinya memprediksi, puncak kedatangan wisatawan ke Banten akan terjadi pada tanggal 23-24 Juni dengan estimasi kunjungan mencapai lebih dari 150 ribu orang dalam satu hari.

“Berdasarkan amatan kami selama ini, awal dan akhir masa liburan justru akan dipadati hingga mencapai lebih dari 150 ribu wisatawan dari berbagai destinasi di Banten. Sekarang mulai dipadati sampai hari Senin. Setelah itu mungkin cenderung menurun dan grafiknya naik lagi saat ujung masa liburan,” beber Ade.

Dia mengingatkan para wisatawan agar tetap berhati-hati saat berenang di pantai. Meski pihaknya sudah menyiagakan ratusan personel dan cuaca yang cenderung bersahabat, akan tetapi bukan tidak mungkin peristiwa tidak menyenangkan akan menimpa wisatawan.

“Kami mengimbau agar wisatawan memperhatikan dan mematuhi aturan yang diberlakukan disetiap pantai. Karena dengan begitu, keselamatan pengunjung akan lebih terjamin,” pesannya. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!