Bali Peace Community (BPC), Gerakkan Sosial Yang Intens Soroti Konflik Israel-Palestina

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Buntut meningkatnya konstelasi politik dan keamanan internasional pasca mencuatnya permasalahan antara Palestina dan Isreal, kondisi ini melahirkan berbagai gerakan sosial baru yang bertajukkan gerakkan kemanusiaan untuk Palestina.

Terkhusus di Indonesia, gerakan sosial berbasis kemanusiaan sebenarnya sudah tidak asing lagi, apalagi jika dilihat bagaimana sikap politik Indonesia dalam merespon permasalahan tersebut. Mulai dari pernyataan Presiden Jokowi hingga puncaknya pada aksi bela Palestina yang digelar beberapa bulan lalu di DKI Jakarta.

Hal tersebut justru secara tidak langsung mampu menyulut semangat kaum milenial untuk menyatukan pikiran dalam melahirkan gerakan-gerakan sosial yang mengusung misi perdamaian.

Di Bali salah satu gerakan yang aktif menyuarakan hal tersebut yakni Bali Peace Community atau BPC, meskipun gerakan ini baru terbentuk pada bulan Mei 2018, hal ini tidak menghambat BPC dalam menyuarakan tuntutannya seperti menggelar aksi damai bertemakan Aksi Damai Mawar Merah Putih untuk Palestina-Fight Againt Zionis Israel dan America di depan Konjen AS, Denpasar, Jumat, (09/06/2018).

“BPC lahir dengan mengusung misi perdamaian didorong atas keprihatinan masalah sosial baik lokal, nasional maupun internasional dan belum berbadan hukum”, ungkap Ketua Bali Peace Community, Musa Alaydrus saat ditemui di Denpasar, Sabtu (10/06/2018).

Dijelaskan lebih lanjut bahwa mayoritas anggota BPC berasal dari keturunan Arab, hal ini dilatarbelangkangi karena ingin menampik pandangan bawah selama ini Arab identik dengan radikal dan keras. “Kami ingin mengcounter bahwa Arab tidak radikal dan keras, kelompok seperti itu hanya 5% di Indonesia yang digaungkan untuk kepentingan politik sedangkan kami 95% adalah nasionalis”, sebutnya.

Terkait aksi peduli Palestina kemarin, hal tersebut merupakan bentuk pernyataan sikap BPC karena pada dasarnya manusia harus mendahulukan rasa kemanusiaan baru dia beragama sehingga perpecahan tidak terjadi. Kedepannya BPC akan memperkuat jaring dan konsolidasi dengan beberapa komunitas di Bali. Saat ini lokasi Sekretariat BPC berada di Jalan Pulau Aru Nomor 2X Sanglah Denpasar. (NN)

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...
error: Content is protected !!