Panwaslu Pandeglang Tertibkan APK Jelang Pemilu 2019

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Puluhan petugas gabungan yang terdiri dari personil Panwaslu Pandeglang, Satpol PP Pandeglang, Dishub Pandeglang, dan Polres Pandeglang, melakukan penertiban di beberapa titik di Pandeglang.

Kegiatan penertiban diawali di perbatasan Kabupaten Pandeglang dengan Kabupaten Serang tepatnya di Kecamatan Cadasari kemudian menuju ke Kecamatan Karangtanjung atau ke Jalan AMD Lintas Timur hingga ke Kecamatan Kaduhejo.

“Hari ini kita libatkan Satpol PP, tim dari Panwaslu Pandeglang, kemudian dari Dishub Pandeglang. Semuanya dilibatkan menertibkan APK di Pandeglang,” terang Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pandeglang Karsono saat diwawancarai disela-sela penertiban, Senin (16/04/2018).

Ia membeberkan, kegiatan yang dilakukan saat ini, dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 216 tentang Sosialisasi Partai Politik sebelum dilaksanakan masa kampanye.

“Selain itu, kami melakukan penertiban APK untuk menerapkan asas Pemilu yang adil dan tertib,” imbunya.

Ditambahkan Karsono, alat peraga kampanye yang ditertibkan baik yang menempel dengan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) maupun yang berdiri sendiri.

“Banyak yang kita tertibkan, seperti baliho, bendera, billboard, spanduk, reklame hingga pamflet-pamflet,” ungkapnya.

Pihaknya mengakui, sempat mengalami kendala pada pelaksanaan penertiban karena terdapat beberapa pihak yang menolak penertiban APK yang dilakukan.

“Kita sudah melakukan rapat koordinasi dan sosialisasi sebelumnya kepada setiap partai terkait penertiban yang dilakukan hari ini,” sambungnya. (IN)