Luncurkan Permainan Matematika, Kodam XII/Tanjungpura Bersama Klinik Pendidikan Mipa Bentuk Generasi Penerus Bangsa Pahami Arti Bela Negara

MENARAnews, Kubu Raya (Kalbar) – Sebanyak 51 Prajurit Kodam XII/Tanjungpura mengikuti Pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Bela Negara Kodam XII/Tanjungpura Tahun 2018, di buka Panglima Kodam XII/Tanjungpura yang diwakili oleh  Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XII/Tanjungpura Kolonel Arh Jama’ah, selasa (6/3/2018) di Aula Perbekalan dan Angkutan Kodam (Bekangdam) XII/Tanjungpura, Jalan Adi Sucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pelatihan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Staf Umum Tertitorial Angkatan Darat (Sterad) dan Klinik Pendidikan Mipa (KPM).

Perserta terdiri dari Kepala Seksi Tertorial, Perwira Seksi Teritorial dan Babinsa wilayah Kodam XII/Tanjungpura, sedangkan  Narasumber sejumlah 3 orang yang berasal dari Klinik Pendidikan Mipa (KPM) di laksanakan selama tiga hari.

Dalam sambutan Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi yang di bacakan oleh Aster Kasdam XII/Tanjungpura Kolonel Arh Jama’ah mengatakan, pelatihan ini sebagai pembekalan dalam menyiapkan prajurit Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) Kodam XII/Tanjungpura sebagai pembina dalam pelaksanaan kegiatan wisata matematika bela negara, sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan menyampaikan materi bela negara.

“Para peserta akan dilatih untuk menjadi pembina Wisata Matematika Bela Negara yang nantinya akan diimplementasikan kepada para pelajar di wilayah masing-masing. Materi yang akan dilatihkan diantaranya cara mengajarkan berpikir suprarasional, permainan matematika bela negara, dan ceramah penguatan karakter bangsa,” Jelas Aster Kasdam XII/Tanjungpura Kolonel Arh Jama’ah saat membacakan sambutan Pangdam XII/Tanjungpura.

Lanjut Aster Kasdam XII/Tanjungpura membacakan sambutan Pangdam XII/Tanjungpura, setelah pelatihan pengkaderan ini diharapkan para prajurit Satkowil Khususnya di Kalimantan Barat agar dapat diimplementasikan kepada para pelajar di wilayah masing-masing, sehingga dapat menginterpretasikan lebih luas makna wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan cinta terhadap satuan TNI guna mempertahankan kedaulatan NKRI.

“Selain itu, juga akan lebih mempererat hubungan emosional ataupun hubungan kekeluargaan dalam mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dan terciptanya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh di wilayah Kodam XII/Tanjungpura,” harap Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi dalam sambutannya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Klinik Pendidikan Mipa (KPM) Muchammad Fachri, S.Si, selaku Narasumber Pelatihan menyampaikan,  bahwa Wisata Matematika Bela Negara ini diluncurkan, dikarenakan sajian Bela Negara selama ini menggunakan metode ceramah sehingga terkesan kurang menyenangkan dalam arti kurang menarik dalam pelaksanaan proses belajar, berat dan bahkan terkesan menakutkan, kata Ketua Tim KPM usai acara pembukaan Pelatihan Kader Pembina Wisata Matematika Bela Negara.

“Bersama-sama dengan TNI sasarannya adalah Para Pelajar, Para Generasi muda penerus bangsa, agar lebih memahami nilai-nilai Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Sejarah Perjuangan Bangsa, Bhineka Tunggal Ika yang sudah di rangkum dalam sebuah Permainan Matematika Bela Negara,” tambah Ketua Tim KPM Muhammad Fachri.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!