OKP Siap Lawan Gerakan Separatis…

MENARAnews, Semarang (Jateng) – “Secara pribadi anggota dipersilahkan memilih sesuai hati nurani dan sesuai pertimbanganya. Tetapi secara lembaga kalau KNPI sendiri netral,” ungkap Ketua DPD KNPI Kota Semarang, Choirul Awaluddin dalam Dialog Antar Etnis bertema “Pemuda Indonesia Melawan Gerakan Separatisme Demi Menjaga Keutuhan NKRI” di Gedung Juang 45 Jalan Pemuda No. 163 Kota Semarang, kemarin (2/2).

Posisi KNPI dalam menyambut Pilkada 2018 adalah membantu menjaga kondusifitas lingkungan selama Pilkada. “Kami siap membantu menjaga keamanan Jawa Tengah dalam Pilgub nanti,” ujar Choirul.

Ia menyampaikan, bahwa posisi KNPI bukan partai, jadi untuk menghadapi Pilgub Jateng meminta anggotanya bisa menjaga nentralitas dalam memilih pemimpin.

Terkait dialog separatisme, Awaludin tidak menginginkan hal tersebut terjadi di Jawa Tengah khususnya Kota Semarang. Karena separatisme dapat mengancam keutuhan NKRI. Maka, peran pemuda menurutnya, sangat strategis dalam melawan gerakan separatisme.

“Kami berharap para peserta yang datang, baik dari kelompok pemuda Papua dan Sulawesi serta kelompok pemuda lainnya yang ada di Semarang, bisa menjaga persaudaraan antar daerah dan suku,” imbuh Choirul.

Disamping itu Kepala Kesbangpolinmas Kota Semarang, Isdiyanto menyampaikan, pemuda mempunyai peran, energi dan potensi yang luar biasa dalam melawan gerakan separatisme. Pihaknya mendukung adanya kegiatan dialog antar etnis untuk menjalin persaudaraan antar daerah dan etnis, khususnya di Kota Semarang.

“Kami yakin dengan dialog bisa memberi rasa kenyamanan mengemukakan pendapat dan lainnya. Dan pesan kami, agar separatisme tidak berkembang, para pemuda harus punya kekuatan moral, mampu meneladani kebaikan generasi sebelumnya dan berani melawan setiap gangguan dan rongrongan yang bisa melumpuhkan,” tutup Choirul. (Ar)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!