Sejak Berbasis Online, 3.000 Izin Telah Diterbitkan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pandeglang mencatat hingga saat ini, telah mengeluarkan 3.000 izin usaha. Angka itu dicatat sejak DPMPTSP meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Terpadu (Simpadu) pada Agustus tahun 2017.

“Sudah 3.000 izin yang diterbitkan melalui sistem online. Alhamdulilah masyarakat bisa merespon dan mengikuti prosedur,” ucap Kepala Bidang Perizinan DPMPTSP Pandeglang, Surya Darmawan, Senin (15/1/2017).

Surya mengatakan, 3.000 izin usaha itu meliputi 19 jenis izin yang sudah bisa diaksis secara daring. Padahal tahun 2017 lalu kami hanya ada 6 jenis izin. Dan ditargetkan pada bulan depan, DPMPTSP bisa kembali menambah 10 jenis izin baru.

“Kebanyakan yang mengajukan izin berasal dari Pandeglang, dengan dominasi izin yang banyak diajukan IMB, SIUP, SITU, TDP, dan IPPT,” sebut Surya.

Adapun untuk memudahkan proses perizinan lajut Surya, selain menyediakan fasilitas secara daring, pihaknya juga akan membentuk dua Satuan Tugas (Satgas), yakni Satgas Percepatan Usaha dan Satgas Pengendalian Perizinan.

“Tujuannnya untuk melakukan pengawasan, pembinaan, dan penertiban perizinan. Jadi kami imbau agar masyarakat segera urus perizinan karena sudah lebih mudah,” bebernya. (IN)