Siap-Siap, Disperindag Pandeglang Akan Buka Layanan Tera dan Tera Ulang

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 81 tentang Metrologi Legal dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan Metrologi Legal beralih dari Pemerintah Provinsi ke Pemerintah Kabupaten/Kota.Demikian dikatakan Kepala Disperindag dan ESDM Pandeglang Andi Kusnardi saat ditemui diruangannya.

Ia menegaskan, saat ini pihaknya masih mempersiapkan sarana dan prasarana terkait metrologi legal sementara untuk tenaga ahli metrologi legal sudah dipersiapkan sebanyak 3 orang yang telah selesai melakukan pendidikan dan pelatihan tentang Metrologi Legal.

“Kita sudah melakukan peneraan untuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU, sementara untuk peneraan di pasar tradisional belum mampu dilakukan karena masih mempersiapkan sarana dan prasarana peneraan,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, direncanakan pada tahun 2018 mendatang, Pemkab Pandeglang sudah mampu melakukan peneraan sambil melakukan sosialisasi kepada para pedagang tentang Metrologi Legal.

“Timbangan-timbangan di Pasar Tradisional belum dilakukan peneraan. Kami akan melakukan sosialisasi kepada para pedagang tentang Metrologi Legal. Insyaa Allah tahun 2018 metrologi di Pandeglang sudah mulai berjalan, apapun bentuknya,” tandasnya.

Dirinya menegaskan, sebelumnya sudah ada perusahaan yang meminta ke Disperindag Pandeglang untuk melakukan peneraan seperti kalibrasi tangki, kemudian langsung ditindaklanjuti permintaan tersebut dengan cara berkoordinasi dengan pihak terkait.

“PT Surya Pratama Kreasindo yang bergerak di bidang Kelapa Sawit mengajukan permohonan peneraan tangki timbun CPO volume 2.000 ton 2 unit dan tangki timbun solar volume 20 ton 1 unit. Kami menindaklanjuti permohonan dengan berkoordinasi dengan Direktorat Metrologi yang di Bandung, nanti dari situ dia datang ke Pandeglang, kita bersama-sama melakukan peneraan di perusahaan yang mengajukan,” jelasnya.

Sementara itu, Mega, salah satu staf Disperindag dan ESDM Pandeglang yang telah mengikuti Diklat Metrologi Legal mengatakan, saat ini Disperindag Pandeglang sedang berupaya mengajukan Surat Keterangan Kemampuan Pelayanan Tera dan Tera Ulang (SKKPTTU).

“SDM sudah ada, pelaratan dan tempat sudah disiapkan, tinggal mengajukan penilaian untuk permohonan penilaian SKKPTTU,” ungkapnya. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles