spot_img

LBH Bali Peringatan HAM Fokus terhadap Kekerasan Kepada Perempuan

MENARAnews, Badung (Bali) – Dalam rangka Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh setiap 10 Desember, kali ini Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bali menyelenggarakan kegiatan yang mengangkat topik ‘Kekerasan Kepada Perempuan’ dengan menonton dan mengulas bersama 16 Film Festival. Hal tersebut diungkapkan oleh Staf LBH Bagian Masyarakat Minoritas dan Kaum Rentan (MKR), Ni Putu Candra Dewi, S.H saat ditemui di Uma Seminyak, Sabtu (2/12/2017).

“Film yang ditayangkan dalam rangkaian kegiatan ini diantaranya : Lanang, Angka Jadi Suara, Tanah Mama, Kisah Tiga Titik, Kebaya Pengantin dan Pertanyaan untuk Bapak, Ca Bau Kan, dan On Friday Moon and Madame X. Puncak acara akan diselenggarakan pada 10 Desember 2017, di Cush-Cush Galerry Denpasar dengan menampilkan Teater berjudul Buah Tangan Dari Utara”, papar Candra.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa dana dari penyelenggaraan acara tersebut sebagian kecil dari LBH sendiri, sedangkan yang lain bersifat gotong royong dari para relawan dalam bentuk bantuan langsung misalnya fasilitas tempat, sound system, pembawa acara, proyektor dan lain-lain.

LBH di setiap daerah mempunyai kekhasan masing-masing dan LBH Bali lebih mengangkat kasus kekerasan pada wanita dan pedofilia karena di Bali kasus tersebut cukup tinggi. Disamping itu, LBH Bali dalam menangani kasus kekerasan pada perempuan mendampingi sampai dengan ranah hukum.

Upaya menyadarkan terkait kasus kekerasan pada perempuan harus pada semua pihak karena perilaku kekerasan bukan hanya bentuk fisik saja, tetapi termasuk juga kata-kata. “Goal dari rangkaian kegiatan ini adalah kesadaran masyarakat terhadap perilaku kekerasan pada perempuan dan berbasis gender, dimana kasus kekerasan juga mengena pada kaum laki-laki meski persentasenya sangat kecil. LBH juga terbuka apabila terdapat pengaduan kasus lainnya,” pungkasnya. (NN)

Editor: N. Arditya

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles