spot_img

Kondisi Gunung Agung Relatif Aman

Menaranews,Jakarta РBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa  menyatakan bahwa kondisi Gunung Agung relatif aman.

Dalam laporan PVMBG yang diambil pada pukul 06.25 WIB tadi pagi, kondisi asap gunung terpantau tipis, dan kondisi kegempaan saat ini mash tenang.

“Kondisi Gas SO2 yang terukur juga turun drastis konsentrasinya, dibandingkaan dengan fase erupsi ekspolsif 26-27 November lalu,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,¬† Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB Jl Pramuka Raya Jakarta Tmur, Selasa (5/12).

Selain itu, kondisi Magma gunung Agung yang naik ke permukaan lajunya mulai melemah, disebabkan hilangya energi akibat gas magmatik pasca erpusi gunung kemrin.

“Perlu diingat, karena kompleksitas yang dimiliki oleh gunung api maka sains vulkanologi hingga saat ini belum bisa didekati dengan metode deterministik (yang pasti-pasti),” ucapnya.

Walaupun kondisi gunung agung masih aman, BNPB mengingatkan agar masyarakat sekitar tidak melakukan aktivitasdidalam radius 8 km.

“Ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timur lautdan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 10 km dari kawah gunung Agung,” pungkasnya. (MR)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles