spot_img

Bupati Resmikan Jembatan Sepanjang 54,33 Meter di Desa Jragung Karangawen

MENARAnews, Demak (Jateng) – Demi terwujudnya masyarakat Demak yang agamis, lebih sejahtera, mandiri, maju, kompetitif, kondusif, berkepribadian dan demokratis, Pemerintah Kabupaten Demak melakukan percepatan pembangunan infrastruktur strategis di Kabupaten Demak. Pada tahun 2017 ini sebanyak 95,54% jalan di Kabupaten Demak dalam kondisi baik. Tahun 2018 Pemerintah kababupaten akan melakukan perbaikan infrastruktur jalan sepanjang 10,663 kilometer atau penambahan sepanjang 2,5%. Harapannya seluruh jalan yang ada di Kabupaten Demak dalam keadaan baik.

 

Perbaikan infrastruktur terus menjadi perhatian Pemerintah kabupaten Demak, mengingat infrastruktur merupakan modal utama dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut saya meminta kepada seluruh jajaran OPD dan mitra Pemerintah Kabupaten Demak untuk terus bekerja cerdas, bergerak cepat, dan bertindak tepat, sehingga mencapai hasil yang optimal.

Hal itu diungkap Bupati Demak HM.Natsir saat acara memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-72 tingkat Kabupaten Demak tahun 2017 sekaligus meresmikan jembatan Desa Jragung Kecamatan Karangawen sepanjang 54,33 meter.
“Dengan selesainya pembangunan jembatan ini, maka akan membuka dukuh yang telah terisolir selama 2,5 tahun setelah pasca runtuhnya jembatan gantung pada tahun 2015 lalu”, jelasnya.

Untuk itu Natsir berharap dengan adanya jembatan ini maka roda ekonomi akan lebih menggeliat dan berkembang, arus transportasi lebih lancar. Masyarakat, utamanya anak-anak sekolah tidak perlu cemas lagi menyeberang takut jembatan terhanyut seiring dengan datangnya banjir dari daerah hulu.

“Mengingat pentingnya jembatan ini, saya minta kepada seluruh hadirin untuk ikut merawat / memelihara jembatan dan jalan ini sehingga bisa berumur panjang, sehingga roda ekonomi lebh berkembang dan masyarakat lebih sejahtera”, katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, salah satu dari 16 program unggulan Pemkab adalah pembangunan RSUD baru di Demak bagian selatan. Alhamdulillah, pada tahun 2017 ini di Kecamatan Karangawen telah dibangun rumah sakit daerah type c yang bernama RSUD Sultan Fatah. Pembangunan RSUD di wilayah selatan ini merupakan salah satu upaya nyata Pemerintah kabupaten Demak untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Dengan adanya RSUD Sultan Fatah ini, masyarakat di wilayah Karangawen, Guntur dan Mranggen tidak perlu jauh ke Kota Semarang untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Kita semua tentunya berharap keberadaan RSUD Sultan Fatah ini nantinya dapat mendukung keberadaan rumah sakit lain di Kabupaten Demak”, ungkapnya.

Tak hanya itu saja lanjutnya, di kecamatan Karangawen juga akan dibangun waduk/bendung jragung, dimana pembangunannya dimulai pada 2019 nanti.

“Dengan adanya waduk ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para petani, khususnya di Demak bagian selatan dalam hal penyediaan air irigasi. Keberadaan waduk juga bisa menjadi solusi pengendalian banjir yang selama ini menjadi bencana langganan bagi kecamatan Karangawen dan Guntur. Selain itu, keberadaan waduk/bendung jragung ini nantinya juga bisa digunakan untuk obyek wisata baru di daerah selatan Kabupaten Demak. Sehingga muncul pusat pertumbuhan ekonomi baru yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar”, pungkasnya.

Sementara disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Demak Doso Purnomo, pembangunan jembatan di Desa Pojok dimulai sejak tahun 2016 setelah runtuhnya jembatan gantung pada tahun 2015 lalu.

Pada tahun 2017 juga sudah dibangun jalan di desa jragung dan sudah selesai 100%.

Camat Karangawen Syahri, SH.MM. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Yang telah bersedia hadir untuk meresmikan jembatan.

“Terima kasih sudah membantu dalam membangun jembatan di Dukuh Pojok Desa Jragung, sehingga lalu lintas di desa ini bisa lancar dan bisa menunjang kegiatan perekonomian masyarakat Desa”, katanya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati HM.Natsir tanda jembatan mulai difungsikan.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati, Sekda Singgih Setyono, Asisten Sekda, Forkopimcam, Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Karangawen. (Spn)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles