Portal Berita Online Indonesia

Bupati Irna: Kunci Berkembangnya KEK Berada di Pembangunan Jalan Tol

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dipastikan tidak diikutsertakan dalam proyek percontohan pemerintah pusat dalam skala prioritas pembangunan destinasi wisata “Bali Baru”. Pemerintah lebih memilih 4 destinasi lain untuk dikembangkan pada tahun 2018 mendatang. Keempat destinas itu yakni Danau Toba, Borobudur, KEK Mandalika, dan Labuan Bajo.

Pengalihan skala prioritas pembangunan itu dikhawatirkan akan berdampak pula pada perkembangan KEK Tanjung Lesung yang ditetapkan Presiden Jokowi pada tahun 2015 silam. Namun demikian, Bupati Pandeglang, Irna Narulita menegaskan hal tersebut tidak mengurangi komitmen pemerintah daerah untuk membangun kawasan wisata di Kecamatan Panimbang itu.

“Tetapi kalau tol sudah diluncurkan, maka pembangunannya akan lebih masif. Investor pada datang ke Pandeglang. Sekarang mereka masih ragu-ragu, tol ini jadi tidak. Kalau sudah mulai dibangun 1 meter saja, pasti ramai,” jelasnya, Jumat (15/12/2017).

Meski tak masuk proyek percontohan, namun mantan anggota DPR RI itu menyebutkan, 10 kementerian akan tetap menggulirkan berbagai programnya ditahun 2018 untuk menunjang perkembangan KEK Tanjung Lesung.

“Tetapi tetap bahwa 10 kementerian programnya masih tetap mengalir ke Pandeglang karena KEK masih menjadi 10 destinasi prioritas,” tuturnya.

Pemkab Pandeglang tambah Irna, juga tetap mengalokasikan berbagai anggaran kesejumlah wilayah yang menjadi buffer zone. Maka dari itu lanjut Irna, tahun 2018 baiknya dimanfaatkan untuk mempersiapkan pembangunan di KEK Tanjung Lesung agar lebih optimal.

“Karena anggaran kami arahkan ke wilayah buffer zone KEK. Nanti akan ada berbagai fasikitas di buffer zone, untuk mendukung keberadaan KEK. Jadi kami persiapkan sistemnya semua, kami akan tetap jalan agar saya mendorong tahun 2019 prioritasnya bisa dialihkan ke Tanjung Lesung,” tandas ibu 3 anak itu. (IN)