Portal Berita Online Indonesia

Akademisi Nilai Reklamasi Teluk Jakarta Tidak Bermasalah

Menaranews, Jakarta – Akademisi Institute Teknik Surabaya,Herman Wahyudi menegaskan bahwa Proyek Reklamasi teluk Jakarta tidak ada masalah dalam persoalan teknis.

Menurutnya, Reklamasi teluk Jakarta sudah dibangun sesuai dengan prosesur teknis dan tidak merusak lingkungan.

“Jakarta saya lihat out all bentuknya pulau pulau murni teknisnya enggak ada masalah,yang penting bagaimana perencanaan reklamasi dari aspek teknis tidak merusak lingkungan,” kata Herman dalam Diskusi Publik di Bumbu Desa Jl Cikini Raya, Menteng Jakrta Pusat, Kamis (7/12).

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut terhadap reklamasi, karena dinilai membangun reklamasi juga dibutuhkan perhitungan yang matang dan mempunyai solusi yang pasti.

“Jadi semua itu aman,apa yang ditakutkan semua itu ada solusinya, ada urutannya ada metodenya ada hitungannya,” katanya.

Selain Herman, Sekretaris Jenderla Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia, Ahlan Zulfahri menambahkan bahwa reklamasi teluk Jakarta sudah memenuhi 3 aspek penting dalam pembangunan reklamasi.

“Pertama bagaimana ekositem,kedua provit,ketiga people.ketika aspek ini sudah masuk semua dan sudah masuk prosedur rekalamsi tidak memiliki halangan lagi,” ucapnya.

Soal Isu reklamasi untuk Imigran China, Dia mengingatkan agar masyarakat lebih mengkaji secara dalam, dan tidak terjebak dalam politik praktis.

“Dan jika ada imigran china kita cek sama sama,jangan sampai kita terjebak dengan politis praktis aja dan bagaimana kita lihat reklamasi kedepan saja bagaimana reklamasi itu saja,” pungkasnya. (MR)