spot_img

Waduh ! KPU Pulpis Temukan 105 Warga Ganda Keanggotaan Parpol

MENARAnews, Pulang Pisau (Kalteng) – Sebanyak 105 warga Kabupaten Pulang Pisau terindikasi ganda dalam keanggotaan partai politik (Parpol). Temuan tersebut terungkap, saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau sedang melaksanakan tahapan penelitian berkas adminitrasi calon peserta pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau, H. Untung Surapati kepada menaranews.com, Jumat (3/11) mengatakan, bahwa dalam proses melaksanakan tahapan penelitian berkas adminitrasi partai politik (parpol) peserta pemilu, pihaknya menemukan 105 warga pulang pisau terdapat kegandaan anggota partai politik (parpol). Kegandaan tersebut kata dia, terjadi di external parpol, menunjukkan bahwa ada data keanggotaan yang sama dalam satu parpol. Sementara temuan kegandaan antar parpol, dia menjelaskan, terdapat data yang sama dari satu parpol.

” Ini tidak akan terjadi, ketika proses rekrutmen anggota parpol dilakukan dengan cara yang benar. Misalnya pada saat mengumpulkan pendataan identitas, yang bersangkutan harus dipastikan belum pernah masuk parpol, ” ujarnya

Menurutnya, dari hasil temuan ini, selanjutnya KPU akan melakukan penelusuran dengan menemui warga yang terindikasi ganda keanggotaan parpol tersebut untuk mengklarifikasinya.

” Ya kita akan tanya kepada yang bersangkutan untuk memilih parpol mana, parpol A atau B yang akan di pilihnya. Nah, jawaban itulah yang selanjutnya akan menjadi dasar untuk menghilangkan kegandaan tersebut, ” ujarnya

Ditanya parpol-parpol mana yang terindikasi adanya temuan kegandaan anggota parpol, H. Untung masih belum bisa menyebutkan nama parpolnya. ” Pada saatnya nanti, bakal kita sampaikan. Jadi sabar dulu ya, ” pungkasnya (BS)

Editor: Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles