spot_img

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kota Bukittinggi Berlangsung Khidmat

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan penuh khidmat di Halaman Balaikota Bukittinggi, Jumat (10/11/2017). Dalam upacara peringatan hari bersejarah tersebut, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara diikuti oleh Wakil Walikota Bukittinggi, Sekretaris Daerah, Forkopimda dan Kepala SKPD.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Ramlan membacakan dua amanat, yaitu dari Menteri Kesehatan dan Menteri Sosial. Dalam amanatnya, Menteri Sosial mengatakan pada dasarnya setiap warga bengsa menyadari bahwa kita semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa. Inilah saatnya kita menuntaskan perjuangan membangun bangsa dengan sikap mental yang positif dan konstruktif yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, bersatu, berdaulat dan terbuka.

“Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar, riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan terbuka mampu menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan di dalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi,” katanya.

Oleh karena itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Sementara Menteri Kesehatan mengatakan, tanggal 12 November kita memperingati Hari Kesehatan Nasional. Keluarga adalah awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Dengan program Germaskita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mwujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Inonesia yang kuat.

“Dengan mendorong Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan Germas, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sehingga tercipta masyarakat yang produktif dan dapat berpera aktif dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengajak seluruh masyarakat mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga mewujudkan keluarga yang sehat dan masyarakat yang sehat.

“Mari berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan sehat teratur, sayur dan buah, serta senantiasa berolah raga atau melakukan aktifitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” tutupnya.

Setelah mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan, peserta upacara juga mengikuti Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti. Ziarah juga dipimpin Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles