Unik.. Kendaraan Operasional Polsek Panimbang Jadi Perpustakaan Keliling

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dunia pendidikan hendaknya tidak hanya dibebankan kepada guru pengajar di sekolah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

Tak ketinggalan, selain menjaga Kamtibmas, Polres Pandeglang melalui Polsek Panimbang mengubah mobil patroli Bhabinkamtibmas menjadi mobil perpustakaan keliling. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja di wilayah Desa Citeureup Kec. Panimbang, Pandeglang.

Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dengan memaksimalkan layanan mobil patroli sebagai sarana untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan fungsi perpustakaan. Disamping itu, juga disediakan peminjaman paket koleksi buku agar masyarakat dapat memanfaatkan koleksi buku dalam jangka waktu tertentu.

Bhabinkamtibmas Polsek Panimbang Desa Citeureup, Brigadir Samudi mengatakan, pihaknha berkeliling dari sekolah atau ke tempat pemukiman desa-desa di wilayah binaannya untuk mengajak anak-anak gemar membaca. Hal ini pun merupakan sebagai upaya dari pihak kepolisian untuk mendukung dunia pendidikan dan turut serta mencerdaskan anak bangsa.

“Kegiatan perpustakaan keliling menggunakan mobil patroli ini mendapat tanggapan yang baik dari Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan sekaligus patroli menjaga keamanan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Samudi, juga dapat bermanfaat sebagai solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan yang telah terjadi di masyarakat sekitar.

“Dengan mengadakan perpustakaan keliling yang ditujukan untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah pendidikan. Melalui cara ini, mutu pendidikan khususnya di desa binaan saya semakin meningkat,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, para orangtua juga meminta kegiatan ini terus dilakukan dan diharapkan anak – anak di Desa Citeureup dapat selalu melakukan kegitan yang positif dalam kehidupan sehari -hari.

“Banyak anak – anak yang antusias dalam membaca dan mendengarkan arahan dan motifasi yang saya berikan,” tutupnya. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles