Sekitar 1.000 Anggota Parpol di Pandeglang Berstatus Ganda

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Sekitar 1.000 data anggota Partai Politik (Parpol) yang menyerahkan syarat administrasi kepesertaan Pemilu 2019 di Kabupaten Pandeglang, dikategorikan bermasalah. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menemukan sekitar 1.000 data anggota Parpol yang berstatus ganda. Kegandaan itu terdapat diseluruh Parpol dan tersebar di hampir semua kecamatan. 

Komisioner KPU Pokja Hukum, Ade Munawar, sampai tanggal 15 November pihaknya bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), melakukan penelitian administrasi. Dalam prosesnya, KPU memeriksa Faktualisasi Klarifikasi Terhadap Kegandaan Keanggotaan Parpol dan Status Pekerjaan. 

“Dari 1.000-an data keanggotaan yang bermasalah, 90 persennya ditemukan kegandaan eksternal. Dimana ada nama dukungan yang tercantum di dua Parpol. Namun ketika difaktualisasi, orang tersebut tidak mengakui dukungannya terhadap salah satu Parpol. Ada pula kader Parpol yang tercantum didua partai. Sedangkan sisanya, ditemukan data dukungan anggota yang berstatus ASN,” bebernya, Senin (6/11/2017).

Munawar menjelaskan, bagi Parpol yang diketahui memiliki data keanggotaan ganda, maka nantinya harus memperbaiki sesuai jumlah anggota yang bermasalah. KPU memberi waktu selama 15 hari bagi Parpol untuk memperbaiki. 

“Setiap Parpol harus memperbaiki data yang ganda sesuai jumlah yang ditemukan. Tanggal 16-17 November nanti, kami akan menyerahkan hasil penelitian administasi. Di situ nanti Parpol mengetahui ada perbaikan atau tidak. Setelah itu, Parpol memiliki waktu 15 hari untuk memperbaiki kekurangan itu,” jelasnya.

Berdasarkan hasil penyerahan syarat administrasi Parpol peserta Pemilu 2019 pada pertengahan Oktober lalu, ada 20 Parpol yang menyerahkan dokumen dan 1 Parpol diantaranya tidak mendapat surat tanda terima akibat tidak memenuhi syarat.

“Saat ini prosesnya masih berjalan, kami targetkan sampai tanggal 9 November selesai dan tidak ada kendala,” imbuhnya. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles