spot_img

Ribuan Objek Tanah Milik Pemkab Pandeglang Belum Berlisensi

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pemerintah Kabupaten Pandeglang tengah berupaya membenahi ribuan aset berupa objek tanah yang masih belum berlisensi atau bersertifikat. 

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang, tercatat sekitar 2.000 lebih objek tanah milik Pemda yang saat ini sedang dalam proses sertifikasi. Adapun target seritifikasi tahun 2017 sebanyak 250 objek tanah dan 200 diantaranya sudah bersertifikat. 

“Kita sudah mulai mencicil pembuatan sertifikat itu, terakhir tahun 2016 lalu. Kami juga sudah ada PKS (Perjanjian Kerja Sama, pem) dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional). Hanya memang di BPN itu kurang personel, untuk melakukan pengukuran. Makanya kami support dan membantu dalam pengukuran tanah tersebut,” ungkap Kepala BPKD Pandeglang Ramadani (3/11/2017).

Lebih lanjut Ramadani menambahkan, sesuai target tahun 2017, sekitar 50 objek tanah yang belum dilakukan sertifikasi akan digencarkan dan diselesaikan hingga akhir tahun 2017.

“Mudah-mudahan sisanya yang 50 objek tanah lainnya bisa terselesaikan pengukuran pada Desember nanti, sehingga dapat diproses sekaligus, sedangkan untuk penerbitan sertifikatnya diperkirakan tahun depan, atau tiga sampai empat bulan prosesnya, sesuai aturan yang ada, harus dipublikasikan selama 100 hari,” jelasnya.

Ia mengakui, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang objek tanahnya lebih dari 1.000 objek, mulai dari tingkat SD, SLTP, TK, maupun UPT Pendidikan.

“Yang paling banyak itu lahan Pendidikan, kalau ditotal mungkin bisa mencapi 1.000 lebih lahan yang harus kita sertifikat. Seperti halnya jumlah bidang tanah SD, yang totalnya sekitar 850 objek tanah, SLTP sekitar 114 objek tanah, TK Negeri, yang kurang hapal saya berapa jumlahnya se-Pandeglang, dan UPT Pendidikan, itu semua masih banyak yang belum bersertifikat. Selain Pendidikan, juga ada lahan kantor kecamatan, UPT Puskesmas, Balai Benih dan lainnya,” beber pria berkacamata itu. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles