Portal Berita Online Indonesia

Rakor Komda Lansia Demak Fokuskan Masalah Kesehatan

MENARAnews, Demak (Jateng) – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lansia perlu dilakukan berbagai upaya perlindungan sosial, penciptaan lingkungan yang ramah, sehingga menunjang kreativitas dalam membangun lansia sehat dan produktif serta potensial. Untuk itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada upaya guna membantu para lanjut usia non potensial yang kebanyakan berada di pedesaan yang sekarang belum terjangkau program pemerintah. Serta untuk meningkatkan pengetahuan, peran organisasi dan sarana bertukar informasi tentang perkembangan Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan di Kabupaten Demak.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Drs. Joko Sutanto selaku ketua Komda Lansia Kabupaten Demak saat membuka rapat koordinasi komda lansia se-Kabupaten Demak tahun 2017 dengan mengambil tema Membangun Lansia Sehat dan Potensial di Aula Kecamatan Demak, Rabu (22/11).

Selain itu Joko juga meminta kepada seluruh lansia yang hadir agar mengikuti kegiatan dengan baik sehingga terjalin sinergi dan meningkatnya kepedulian pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat terhadap lansia.
“Dengan sinergi yang baik akan mempercepat peningkatan kesejahteraan lansia di Kabupaten Demak”, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, lansia dapat diberdayakan dan lebih berperan aktif dalam pembangunan dengan memperlihatkan fungsi kreatif, pengetahuan, keahlian, ketrampilan, pengalaman, usia dan kondisi fisik.
“Saya minta kepada seluruh pengurus Komda Lansia untuk lebih proaktif dalam menjalankan tugasnya”, tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Joko mengajak seluruh peserta rakor untuk turut mendukung gerakan “ Magrib Matikan TV, Ayo mengaji” yang sedang digalakkan oleh pemerintah Kabupaten Demak. Termasuk turut mensuskseskan program meraih Adipura, dengan cara mengerakkan kembali gotong royong membersihan lingkungan. Karena “Satu sampah sejuta Masalah ayo letakkan sampah pada tempatnya”.

Ia juga berharap peserta rakor dapat turut serta dalam “Gerakkan Sedekah Jamban” hal ini guna membantu keluarga kurang mampu, sehingga mereka dapat menggunakan jamban keluarga yang sehat.

“Hal ini kita lakukan demi suksesnya program menuju Demak bebas buang air besar sembarangan. Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua, tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda”, pungkasnya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Demak Anang Badrul Kamal, S.Sos,M.Si. mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud perhatian, kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Rakor yang diikuti oleh 225 orang yang terdiri dari pengurus komda lansia, PWRI, Pepabri dan pegawai yang memasuki usia pensiun ini diharapkan menjadi masyarakat lanjut usia yang sehat, mandiri, bahagia, berdaya serta potensial. (Spn)