spot_img

Protes Hasil Pilkades, Calon Diminta Hindari Pengerahan Massa

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pascapilkades serentak yang digelar di 108 desa di Kabupaten Pandeglang, banyak pihak yang tidak puas dengan hasilnya dengan melakukan berbagai upaya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan menyarankan agar para Calon Kepala Desa (Calkades) yang tidak puas atas hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), untuk melayangkan gugatan. Para Calkades, diminta untuk menghindari aksi pengerahan massa atau bahkan tindakan yang berbau anarkis sebagai wujud pendewasaan berdemokrasi.

Hal itu dikemukakan Kapolres menyikapi 3 desa yang bergejolak satu pekan pasca pemungutan suara Pilkades.

“Silakan itu diajukan gugatan perdata jika tidak puas atas hasil Pilkades kemarin. Tidak perlu mengerahkan massa, tidak perlu berbuat anarkis, dan unjuk rasa,” ujarnya, Jumat (10/11/2017).

Ary menyebutkan, sejauh ini desa yang masih menyisakan masalah, yakni Desa Purwaraja di Kecamatan Menes, Desa Montor, Kecamatan Pagelaran, dan Desa Pasireurih di Kecamatan Cipeucang. Para Calkades yang mengajukan protes itu, rata-rata mempersoalkan kinerja Panitia Pilkades yang dinilai tidak profesional.

“Protes yang diajukan mengenai tidak tercantum dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap, red) dan ketidakprofesionalan panitia. Silakan protes sesuai aturan yang ada,” katanya.

Ary tidak menyoalkan munculkan berbagai protes dari para Calkades asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun sampai hari ini, Polres belum menerima 1 pun pengaduan resmi yang diterima. Kendati demikian, dirinya memastikan bahwa situasi di wilayah hukum Pandeglang saat ini masih berlangsung kondusif.

“Anggota saya seluruhnya masih siaga di Polsek, walaupun BKO dari Polda sudah saya tarik. Kami tetap memantau untuk melakukan pendekatan dan penggalangan agar mereka tidak lagi menggunakan massa, namun lebih kepada pendewasaan demokrasi,” tuturnya. (IY)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles