spot_img

PPS se-Kab. Demak Siap Melaksanakan Tugas Dengan Integrigas dan Independen

MENARAnews, Demak (Jateng) –┬áPanitia Pemungutan Suara (PPS) Kab Demak, telah menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di 14 kecamatan masing-masing.

 

Pelantikan yang dilanjutkan dengan pembekalan tersebut terbagi menjadi dua hari, yakni pada Sabtu (25/11) untuk tiga kecamatan yakni Bonang, Wedung dan Karangawen, sementara pelantikan PPS di 11 kecamatan lainnya pada Minggu (26/11).

Pelantikan PPS dimasing-masing kecamatan dihadiri oleh Muspika Kecamatan, seluruh kepala desa, komisaris KPU, Panwascam dan juga PPS yang dilantik.

Ketua PPK di masing-masing kecamatan mengambil peran sebagai pengambil sumpah jabatan, sekaligus memberikan pemaparan mengenai tugas dan fungsi PPS seperti yang dipaparkan Ketua PPD Heny Soffina, Ketua PPK Kecamatan Dempet.

“Hal pertama yang harus PPS lakukan dalam menjalankan tugas adalah berkoordinasi dengan perangkat desa, jalin komunikasi. Sehingga akan tercipta kerja sama yang bersinergi hingga nanti masa pelaksanaan pemilihan Gubernur,” ucap Heni.

Sementara itu di Muh Asroni, SH MH, kabid Hukun dan Pengawasan KPUD Demak, memberikan bimbingan teknis di beberapa kecamatan mengenai penyelesaian pelanggaran administrasi dalam Pilgub 2018, menghimbau agar PPS dapat bekerja dengan penuh integritas dan independen.

“Pelanggaran admistrasi melingkupi pelanggaran atas tata cara pengelolaan administrasi Pemilu. PPS punya kewenangan untuk menyelesaikan permasalahan yang sumber laporannya direkomendasikan dari masyarakat atau Panwascam. Untuk itu bekerjalah dengan penuh integritas dan junjung tinggi indepensi anda sebagai PPS,” ucap Asroni.

Sementara itu Camat Demak Kota, Fatkhurroman, SH, MM dalam sambutannya di pada pelantikan PPS Kec Demak Kota mengatakan bahwa salah satu tugas penting PPS adalah mensosialisasikan hak politik masyarakat.

“Sosialisasikan hak politik masyarakat dalam anda menjalankan tugas, yakni dengan mengajak masyarakat mengikuti pemilihan umum. Semoga anda semua (PPS – red) dapat menjalankan tugas dengan sukses sehingga tercipta ATMKD yakni Aman Tertib Mantap Kondusif Damai,” ucap Fatkhurrohman.

Dengan dilantiknya seluruh PPS di Kab Demak, maka para anggota PPS sudah siap melakukan pendataan peserta pemilu dengan mekanisme door to door, seperti yang diungkap Zaenal Arifin, PPS dari Kec Dempet.

“Sejak diumumkan bahwa kami lolos dalam seleksi PPS, kami sudah disiap dengan tugas kami, berkoordinasi dengan perangkat desa sudah kami lakukan, selanjutnya mulai besok (27/11) kami melakukan sosialisasi dan pendataan door to door ke desa-desa kami, sehingga tahun besok masyarakat antusias dalam Pilgub seantusias dalam Pilkades,” ucap Arifin. (Nsn)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles