spot_img

Perekaman KTP Elektronik di Pandeglang Capai 93 Persen

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), hingga September 2017 lalu, sebanyak 175.949.127 jiwa telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau dengan kata lain sekitar 94,98 persen penduduk di Indonesia sudah melakukan perekaman.

Khusus di Kabupaten Pandeglang, perekaman KTP Elektronik oleh warga Pandeglang sudah mencapai sekitar 93 persen dan sisanya 7 persen akan diselesaikan secara bertahap hingga akhir tahun 2017 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Pandeglang Tubagus Saprudin saat diwawancarai oleh sejumlah awak media di ruangannya.

Namun, ada kendala yang dialami untuk mensukseskan program pemerintah tersebut, yaitu alat perekaman KTP Elektronik di hampir semua kecamatan di Pandeglang mengalami kerusakan.

“Kami sudah mendapat laporan terkait beberapa alat perekaman KTP Elektronik yang rusak. Alat perekaman KTP itu pengadaaannya tahun 2011/2012 oleh pusat, jadi yang namanya alat elektronik itu kalau diatas 5 tahun, sudah barang tentu tidak normal lagi, ada kerusakan-kerusakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Saprudin menambahkan, kerusakan alat tersebut terjadi sekitar 60 persen yang tersebar di semua kecamatan yang ada di Pandeglang. Namun demikian, pihaknya terus melakukan upaya-upaya agar perekaman KTP Elektronik agar terus berjalan, misalnya melakukan perbaikan-perbaikan kecil.

“Hingga November 2017, kita masih ada stok sekitar 4.000 blangko KTP Elektronik,” sambung Saprudin.

Sementara itu, Anggota DPRD Pandeglang Fraksi PKS Abdul Aziz menuturkan, pihaknya menemukan adanya alat perekam KTP yang mengalami kerusakan sehingga berdampak pada terhambatnya pembuatan KTP Elektronik.

“Kami berharap Pemerintah Daerah segera melakukan perbaikan terhadap alat perekaman KTP yang rusak,” tuturnya. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles