spot_img

Pengangguran di Pandeglang Mencapai 50.192 Jiwa

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Angka pengangguran di Kabupaten Pandeglang mengalami peningkatan. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Pandeglang, tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2015 mencapai 10,22 persen atau 50.192 jiwa. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014 sebesar 5,94 persen atau 32.950 jiwa. 

Kepala BPS Pandeglang, Tri Cahyo Purnomo mengatakan, dalam dua tahun terkahir angka pengangguran di Pandeglang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Hal ini disebabkan karena banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di berbagai daerah sehingga warga Pandeglang kembali ke kampungnya masing-masing dengan status pengangguran,” ujar Cahyo saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/11/2017).

Bukan hanya itu, penyebab lainnya kata dia, adalah investasi di Pandeglang yang masih minim membuat masyarakat Pandeglang tidak memiliki ruang untuk mencari lahan pekerjaan. Padahal setiap tahunnya, angka kelulusan selalu meningkat. Akibatnya, jumlah lulusan itu tidak seimbang dengan lahan pekerjaan yang ada. 

“Angka pengangguran di Pandeglang, didominasi oleh lulusan SMA dan sederajat. Karena saat melakukan survei, kami mendata lulusan SMA dan universitas dibulan Agustus, dimana saat survei itu dijalankan, banyak lulusan yang bingung mencari kerja,” terangnya.

Hanya saja, BPS tidak mendata angka tahun 2016 lantaran ketiadaan anggaran. Sementara tingkat pengangguran untuk tahun 2017 belum dapat dirilis karena masih dilakukan penelitian.

Guna menekan angka pengangguran, Cahyo pun menyarankan agar Pemkab Pandeglang, fokus pada program kerja pada bidang pertanian.  

Pasalnya pada tahun 2015 BPS Pandeglang mencatat mayoritas masyarakat yang bekerja dari sektor pertanian yang mencapai 42,96 persen, jasa kemasyarakatan 17,37 persen, disusul dengan perdagangan 16,47 persen dan Industri pengolahan hanya sebesar 7,41 persen. 

“Apabila sektor pertanian bisa dimaksimalkan dan sudah bergairah, maka kesejahteraan masyarakat akan maksimal. Saya yakin akan menambah daya tampung pekerjaan,” tutup Cahyo. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles