Portal Berita Online Indonesia

Panitia Pengawas Kecamatan Kab. Demak Mulai Bertugas

MENARAnews, Demak (Jateng) – Hari ini Panita Pengawas Kecamatan (PPK) kab Demak mulai bertugas. 70 orang PPK yang pada Kamis, 2/11 kemarin dilantik, hari ini mulai berkoordinasi dengan Camat di Kecamatan tempat tugas masing-masing sebagai langkah awal mempersiapkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018.

Tugas perdana para PPK adalah menerima para pelamar anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang batas akhir penyerahan berkasnya adalah hari ini.

Salah satu kecamatan di Kab Demak yang masyarakatnya cukup antusias dalam ikut serta menjadi anggota PPS adalah Karanganyar, sebanyak 80 pendaftar seperti yang di ungkapkan Rohmad S.pd salah satu PPK kec Karanganyar kepada menaranews,

”Antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk jadi anggota PPS, di Kec Karanganyar Kab Demak, terdapat 80 orang pendaftar, laki laki 57 orang sementara perempuan 23 orang, semuanya dari 17 Desa,” ucap Rohmad.

Sementara untuk sosialisasi dalam mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 (Pilgub 2018), akan dilakukan sesegera mungkin, seperti yang diungkapkan Marsugi PPK dari kec Dempet.

“Sosialisasi Pilgub memang harus gencar dilakukan sedini mungkin, karena biasanya untuk Pilgub dan Pileg masyarakat kurang antusias, berbeda dengan Pilkades, upaya yang kami lakukan dalam waktu dekat adalah sosialisasi pada saat pertemuan warga,” ucap Marsugi

Apresiasi masyarakat yang minim dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Pemilihan Legistatif bahkan juga Pemilihan Presiden menurut ketua KPUD Demak, Mahmudi S.Ag, M.Fill merupakan fakta juga sekaligus tantangan penyelenggara Pemilu.

“Tantangan bagi PPK adalah bagaimana mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu 2018 dan 2019 nanti. Targetnya bisa menyerupai Pilkades yang jumlah pemilihnya hampir 100%. Karena biasanya pemilih Pilgub dan Pileg hanya mencapai 50%. Mungkin pada saat sosialisasi bisa dikatakan bahwa sukses pemilu bukan hanya ditangan penyelenggara Pemilu seperti KPU, PPK atau PPS tapi juga seluruh elemen masyarakat, dan itu menentukan nasib bangsa”, ucap Mahmudi dalam sambutannya dalam pelantikan PPK di Hotel Amantis, kemarin (2/11).

Pemilu akan dilaksanakan pada Juni 2018, saat ini Kab. Demak sedang dalam fase menjalankan pendaftaran PPS dan kemudian PPK akan menjalankan tugas membentuk PPS. (Nsn)