spot_img

Mengintip Persiapan Acara Adat Ngunduh Bobby-Kahiyang di Medan

MENARAnews, Medan (Sumut) — Seniman Mandailing Sanggar Musik Gunung Kulabu Pakantan, yang dipercaya untuk melaksanakan ritual adat pada resepsi ngunduh mantu Bobby-Kahiyang membocorkan rangkaian adat yang dilaksanakan nanti.

Bakti Lubis Sutan Kumala Porang, pengelola sanggar mengatakan, nantinya Bobby dan Kahiyang akan diberangkatkan dari Sopo Godang (rumah besar) menuju Tapian Raya da Martua.  Secara adat Mandailing, Tapian Raya Martua adalah pinggiran sungai.

“Kalau di mandailing sana, biasanya mereka (pengantin) mandi di Sungai Batang Gadis,” kata Bakti Lubis saat di sela gladi kotor acara adat di Jalan Padang, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Rabu (15/11/2017).

Setelah sampai di Tapian Raya, datuk atau dukun yang membawakan acara akan berbicara kepada penjaga Tapian Raya. Namun nantinya Bobby-Kahiyang tidak mandi, melainkan hanya dibasuh kaki dan tangannya (dipangiri).

“Setelah itu mereka kembali pulang ke Sopo Godang. Di Sopo itu, kembali diserahkan kepada dukun atau datuk yang akan melaksanakan upah-upah dan diberi gelar haraja (Gelar kerajaan dalam suku mandailing),” ungkap Bakti Lubis.

Belum diketahui gelar apa yang akan disematkan kepada Bobby dan Kahiyang. Setelah pemberian gelar adat, Bobby dan Kahiyang akan mengikuti prosesi tari Tortor Somba-somba.

Dalam Tortor itu Bobby dan Kahiyang akan memohon maaf kepada kedua orangtua. Temasuk kepada Presiden Joko Widodo yang disebut-sebut akan hadir dalam prosesi adat tersebut.

“Karena mereka meniti rumah tangga yang baru. Mungkin nanti Pak Jokowi juga akan kita dudukkan di sana kalau beliau hadir,” tandas Bakti Lubis.

Acara akan dilanjutkan dengan tortor para raja. Setelah ada persetujuan dari para raja adat Mandailing (Raja Panusunan) acara baru bisa dilanjutkan.

Acara adat resepsi ngunduh mantu Bobby-Kahiyang akan digelar pada 24 dan 25 November 2017 di kediaman Bobby, di Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah (BHR-Tasbi). Sedangkan resepsi umum akan digelar pada 26 November 2017. (yug)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles