Kompetisi Robotik Diharapkan Angkat Daya Saing Madrasah Indonesia

Menaranews, Tangerang Selatan (Banten) – International Islamic Education Expo (IIEE) atau Expo Internasional Pendidikan Islam kembali digelar di Indonesia, yaitu di Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Selatan Banten. Salah satu agenda kegiatan tersebut adalah Kompetisi Robotik Madrasah.

Kegiatan Kompetisi Robotik ini merupakan tahun ketiga setelah dilaksanakan berturut-turut sejak tahun 2015 dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Ekspo Pendidikan Islam.

Menurut ketua panitia Kompetisi Robotik Madrasah, A. Umar, tujuan dari kegiatan ini guna mempromosikan bahwa pendidikan Islam di Indonesia, termasuk pendidikan dasar madrasah, tidak anti pada teknologi.

“Banyak siswa-siswi madrasah yang memiliki bakat dan minat di bidang robotik dan bahkan sudah banyak pula yang sampai menjuarai robotik di tingkat internasional. Ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Indonesia juga memiliki kualitas dunia,” ujarnya di lokasi, Kamis (23/11).

Ini sesuai dengan harapan dari Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI selaku penyelenggara kompetisi Robotik Madrasah ini. Dimana dengan kegiatan kompetisi ini diharapkan mampu menghasilkan siswa-siswi madrasah yang memiliki kemampuan di bidang robotik berkelas dunia.

Selain itu, kompetisi Robotik Madrasah juga diharapkan bisa meningkatkan daya saing dan mengangkat marwah madrasah. Adapun peserta dari kompetisi ini diikuti oleh 166 siswa-siswi madrasah atau 83 tim dari sejumlah propinsi di Indonesia.

Ratusan Peserta Bergabung
Tak kurang 166 siswa-siswi dari 83 Madrasah di seluruh Indonesia turut serta dalam Kompetis Robotik Madrasah 2017 ini. Selain adu canggih robot ciptaan masing-masing, siswa-siswi madrasah yang terampil itu juga memperebutkan hadiah senilai total Rp 250 juta.

Kompetisi tahun ini, panitia menambah dua kategori yang sebelumnya tidak ada. Masing-masing satu kategori untuk tingkat MTs dan tingkat MA yaitu kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot).

Sebelumnya, kompetisi robotic pada 2015 berlangsung di Cilandak Town Square Jakarta Selatan dan tahun 2016 di Mall of Indonesia Jakarta utara. Adapun tahun 2017 ini dilaksanakan di ICE BSD Tangerang Selatan Banten dan diikuti oleh madrasah mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA), baik madrasah swasta maupun negeri.

Untuk diketahui, Kompetisi Robotik Madrasah termasuk rangkaian acara International Islamic Education Exhibition (IIEE) atau Pameran Pendidikan Islam Internasional 2017 yang dilaksanakan Direktorat Pedidikan Islam Kemenag di ICE BSD Serpong, Tangerang Selatan 21-24 November 2017.

Kompetisi Robotik, IIEE juga diisi sejumlah agenda lainnya, yaitu Konferensi Internasional Studi Islam, Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Anugrah Guru Madrasah Berpestasi (Gupres), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, Talk Show, dan Pentas Dongeng Islami PAI.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles