Portal Berita Online Indonesia

Gelar Budaya Kerja Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Pada Masyarakat

MENARAnews, Demak (Jateng) – Dalam rangka mewujudkan karakter aparatur yang berakhlak mulia, beretika, berdisiplin, bertanggungjawab, produktif dan profesional serta mempercepat pencapaian hasil dan mempertahankan motivasi pegawai untuk membangun budaya kerja, dibutuhkan proses monitoring dan evaluasi secara kreatif. Salah satunya adalah dengan mengadakan kompetisi atau gelar budaya. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas budaya kerja di instansi masing-masing dalam melaksanakan tugas terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu perubahan mind set dan pola budaya kerja yang baru merupakan hal yang penting. Jika mind set dan pola budaya kerja dibiarkan stagnan tanpa adanya pengembangan, hal tersebut tentu saja dapat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang kita berikan kepada para masyarakat. Jika pelayanan yang kita berikan baik, hal tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Demak HM.Natsir saat membuka acara Gelar Budaya Kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak tahun 2017 di Pendopo, Kamis (23/11).

Selanjutnya, Bupati juga berpesan agar semua peserta menunjukkan penampilan dengan maksimal.
“Terus pertahankan dan tingkatkan prestasi. Sehingga di tahun mendatang, dapat kembali masuk dalam 13 besar OPD terbaik”, ungkapnya.

Kepala Bagian Organisasi Setda Demak Anang Ruhiyat, AP selaku pemrakarsa acara dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan diadakan acara ini adalah untuk bisa mengubah pola pikir para aparatur, yang selama ini masih belum sepenuhnya mendukung birokrasi yang efisien, efektif dan profesional serta belum benar-benar memiliki pola pikir yang melayani masyarakat.

Dalam Gelar Budaya Kerja Tahun 2017 ini diikuti sebanyak tigabelas Kelompok Budaya Kerja (KBK). Masing-masing kelompok tersebut diberi waktu 30 menit untuk menampilkan yel-yel, teatrikal dan presentasinya. Ketigabelas KBK tersebut yaitu dari Kecamatan Mranggen, Sekretariat Daerah, BKPP, Dinperpusar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, BPKPAD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, RSUD Sunan Kalijaga, Din PM PTSP, Dinas Pemuda dan Olahraga, Satpol PP dan Kecamatan Bonang.

Acara yang di prakarsai oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah ini Wakil Bupati Drs. Joko Sutanto, Sekda Singgih Setyono, Asisten Sekda dan Kepala OPD se-Kabupaten Demak. (Spn)