spot_img

Forkopimda Pandeglang Cek Kesiapan Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2017

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dalam rangka menghadapi Pemilihan Pilkades Serentak Kabupanten Pandeglang Tahun 2017, Pemerintah Daerah menggandeng aparat keamanan untuk menggelar Apel Pergeseran Pasukan Polres Pandeglang dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak 2017, di Alun-alun Pandeglang, (4/11/2017).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, berbagai kerawanan yang sudah dipetakan perlu diantisipasi agar tidak mengganggu pelaksanaan Pilkades dengan mengedepankan langkah preventif.

“Lakukan tindakan hukum apabila ada pelanggaran pada saat berlangsungnya pemilihan kepala desa demi terciptanya keadilan bagi yang melanggar aturan. Selain itu, untuk memberikan rasa keamanan bagi penyelenggara dan peserta serta menjamin hak suara masyarakat,” tegas Irna.

Di tempat yang sama, Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan menuturkan, pihaknya sudah memetakan titik-titik kerawanan sehingga membagi pasukan dalam 4 zona diantaranya di Kecamatan Labuan dan Kecamatan Menes.

“Setiap TPS rata-rata 4 sampai 6 personil, itu anggota ya, nanti ditambah TNI, ditambah Linmas. Jumlah seluruh pasukan yang diterjunkan kurang lebih 800 lebih, jumlah itu sudah termasuk BKO dari Sabhara Polda dan Brimob Polda, kalau di Brimob Polda kurang lebih 150 personil dari Sabhara Polda sekitar 80 orang. Saya juga minta bantuan dari Sabhara Polres Lebak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ary menambahkan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk mengggunakan hak pilihnya dan para calon pendukung tidak boleh anarkis jika kalah dalam Pilkades, karena calon kepala desa dan pendukungnya sudah melakukan Deklarasi Damai.

“Sesuai dengan deklarasi yang diucapkan, siap menang dan siap kalah, yang menang jangan terlalu euforia sehingga mengejek-ngejek yang kalah dan yang kalah menerima kekalahannya. Kalau itu semua sudah dipahami, Insyaa Allah Pandeglang aman,” bebernya.

Saat ditanya terkait antisipasi terjadinya hujan ketika proses pemilihan, pihaknya mengakui telah melakukan langkah preventif dengan berkoordinasi dengan pihak panitia. “Kita sudah sampaikan pada panitia kecamatan untjk pendirian TPS itu melihat situasi cuaca. Ada alternatif 1, alternatif 2. Ketika misalnya alternatif 1 kalau hujan kemana,” tutupnya. (IN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles