spot_img

DPMDes Agendakan Gelar Rakernis

MENARAnews, Pulang Pisau (Kalteng) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Pulang Pisau akan menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 7 November 2017 di Aula Bappedalitbang komplek Perkantoran Pulang Pisau. Sebanyak 97 kepala desa (Kades), 8 camat dan ketua BPD di Kabupaten Pulang Pisau akan turut ambil bagian dalam. kegiatan ini.

” Inssya Allah, tanggal 7 November 2017 kita akan menggelar Rakernis Pemerintah Desa, dengan menghadirkan narasumber, salah satunya dari Kejaksaan, ” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Pulang Pisau, HM. Syaripul Pasaribu, kepada menaranews.com, Jumat (3/11).

Menurutnya, penggelolaan Dana Desa (DD) yang relatif besar diperlukan aparatur desa yang benar-benar memahami, terutama hal-hal adminitratif. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan kapasitas kepada Kepala Desa selaku aparatur desa. Dengan begitu kata Syaripul, diharapkan agar Kepala Desa dalam melaksanakan sebuah program orientasi, baik dalam jangka waktu yang dianggap memadai dan dilakukan secara berkesinambungan, dimana sebelumnya harus dibuat regulasi yang kemudian dijadikan orientasi pembangunan desa dan pendalaman melalui program orientasi tersebut.

” Apalagi saat ini, dana yang dialokasikan kepada desa jumlahnya relatif besar dan para Kepala Desa harus benar – benar memahami dan sadar terhadap arah dan urgensi pembangunan desa, ” ujarnya

Dia juga mengatakan, program orientasi ini dilaksanakan tidak hanya untuk memberikan pemahaman tentang adminitrasi desa, tetapi lebih luas lagi terkait penyamaan persepsi mengenai arah dan urgensi pembangunan desa, baik yang bersifat pembangunan fisik, ekonomi maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM). Nah, dengan dilaksanakan program orientasi ini dapat menyentuh hal-hal teknis dalam pelaksanaan pembangunan desa.

” Intinya, kita selalu mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar menggelola DD ini dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Yang paling utama, kalau mau aman, jangan sampai melakukan penyimpangan, ” harapnya (BS)

Editor: Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles