Diskusi publik JASMARA “Cianjur Selatan, Mekar atau Makar?”

MENARAnews, Kab. Cianjur (Jawa Barat) – Himpunan Mahasiswa Tjiandjur (HIMAT) kembali menggelar diskusi publik JASMARA (Jaring Aspirasi Mahasiswa dan Rakyat) yang kedua, dengan mengusung tema “Cianjur Selatan, Mekar atau Makar?”, di Hotel Aden Siti Jenab Kaum-Cianjur (10/10/17)

Dalam diskusi JASMARA itu, Himat mengundang beberapa Pembicara  diantaranya Yadi Mulyadi (Ketua DPRD Cianjur), Asep Supyan (Anggota DPRD DAPIL 5) Dedi Iskandar (Sekjen Forum Jabar Selatan), Suryaman (Penasehat Presidium Pemekaran), H. Tonton (Persidium Pemekaran), Muhammad Fadhil Fahmi (Ketua Umum HIMAT).

Jasmara kedua dengan tema “Cianjur Selatan, Mekar atau Makar?” diselenggarakan untuk menanggapi dan menampung aspirasi masyarakat terutama masyarakat Cianjur Selatan yang juga mengininkan mekarnya wilayah Cianjur Selatan.

“seperti yang diungkapkan Surya (perwakilan tokoh muda Cidaun) bahwa opsi terakhir jika Bupati Cianjur masih belum mau menandatangani surat rekomendasi Pemekaran maka agenda tanggal 27-28 November 2017 ke Gedung DPRD Cianjur merupakan langkah yang dipikir tepat untuk menyampaikan aspirasi. Adanya Ribuan masyarakat Cianjur yang akan turun aksi ke pendopo (pemkab Cianjur) hanya menginginkan agar Cianjur Selatan mekar tidak terbersit sedikitpun di benak kami untuk makar” ungkap Muhammad Fadhil Fahmi, Ketua Umum HIMAT.

Dalam diskusi jasmara kedua tersebut, dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu:

1. Wacana Pemekaran Cianjur Selatan sudah dimulai sejak 1987
2. Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya Peraturan Pemerintah Provinsi tentang pengembangan daerah JABAR Selatan
3. Pemekaran Cianjur Selatan merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat di kawasan Cianjur Selatan guna percepatan pembangunan
4. Sama sekali tidak ada kepentingan politis yang melatar belakangi adanya wacana Pemekaran
5. Kajian mengenai Pemekaran Cianjur Selatan sudah dilaksanakan oleh tim ahli berdasarkan rekomendasi dari DPRD yang telah membentuk PANSUS pemekaran dan dinyatakan sangat layak untuk pemekaran pada tahun 2013
6. Pemekaran Cianjur Selatan hanya terkendala BUPATI belum mau menanda tangani surat keputusan bersama BUPATI dan DPRD dengan dalih adanya moratorium dan perpindahan undang-undang mengenai Daerah Otonomi Baru
7. Meski demikian proses persiapan akan tetap ditempuh karena berdasarkan hasil koordinasi tim Presidium Pemekaran dengan tim ahli di Departemen Dalam Negeri bahwa berkas usulan masih akan tetap diterima

Selain itu, Himat juga menyatakan kekecewaanya dengan sikap beberapa pihak yang diundang namun tidak dapat hadir dengan tidak memberikan alasan apapun. “DPRD DAPIL 4 dan 5 yang pada kegiatan tidak menghadiri tanpa ada alasan konkret,  kami anggap suatu bentuk penghianatan terhadap mandat masyarakat yang mereka wakili” tambah Fadhil.

Diskusi Publik Jasmara ini merupakan diskusi publik kedua yang diselenggarakan, Diskusi tersebut bukan menjadi ajang menghakimi tetapi menjadi wadah berbagi informasi, fakta dan data serta mencari solusi terbaik agar tidak ada kekisruhan di tengah-tengah masyarakat dengan harapan dapat menampung aspirasi dan memberikan solusi. (OR)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles