Belum Ada Kejelasan Mengenai Laporan, Warga Kalisari Datangi Polres Demak

MENARAnews, Demak (Jateng) – Khoirudin bersama warga kalisari lainya dengan di dampingi oleh LBH Demak Raya hari ini kamis, 2 Nov 2017 ini tadi mendatangi Polres Demak untuk minta kejelasan kasus yang sudah pernah dilaporkannya.

Maksud kedatangan beberapa warga ini dengan maksud mengucapkan terimakasih pada Polres Demak dan jajaranya karena responsif terhadap laporan yang pernah dilakukan warga sebelumnya.

“Kami juga mendukung kepada Polres Demak untuk segera menyelesaikan persoalan ini, akan tetapi hingga karena hingga saat ini kami belum menerima hasil perkembanganya makanya kita meminta kejelasan kasus ini prosesnya sejauh mana.

Sebagaimana laporan warga terdahulu, warga melaporkan kepala desanya karena mengeruk tanah desa untuk kepentingan dirinya sendiri, dan warga menganggap selama ini Kepala Desanya telah menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya untuk memperkaya diri sendiri sehingga menyebabkan kerugian terhadap desa dengan mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri dari hasil penjualan tanah urug itu.

Haryanto Advokat Publik LBH Demak Raya yang mendampingi warga ini menyampaikan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) merupakan hak bagi pelapor. Dalam hal menjamin akuntabilitas dan transparansi penyelidikan /penyidikan, penyidik wajib memberikan SP2HP kepada pihak pelapor baik diminta atau tidak diminta secara berkala.

Lebih lanjut Haryanto juga menjelaskan berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pengawasan dan Pengendalian Penanganan Perkara Pidana di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pasal 39 ayat 1, berbunyi dalam hal menjamin akuntabilitas dan transparansi penyidikan, penyidik wajib memberikan SP2HP kepada pihak pelapor baik diminta atau tidak diminta secara berkala paling sedikit 1 kali setiap 1 bulan, lha maka alasan inilah warga dengan di dampinginya minta SP2HP kepada penyidik yang berwenang.

Sementara itu Nanang Nasir Kepala Kantor LBH Demak Raya yang ikut dalam pendampingan ini berharap agar polres juga bisa bekerja profesional, cepat, tepat, transparan dan akuntabel dalam memeriksa perkara ini, agar masyarakat desa kalisari juga bisa mendapatkan kejelasan atau keadilan terkait dengan persoalan yang sedang dialami di desanya, tutupnya. (Vn)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,036PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles