spot_img

Begini Prosesi Adat Bobby-Kahiyang Sampai Jumat Siang

MENARAnews, Medan(Sumut) — Prosesi Adat ngunduh mantu Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu sudah dimulai, Jumat (24/11/2017) pagi. Dalam adat Mandailing, resepsi pernikahan disebut Manopot Horja.

Upacara adat dimulai dengan Manalpokkon Lahan ni Horja atau pemotongan hewan kurban berupa kerbau. Seekor kerbau jantan yang akan disembelih dibawa menggunakan mobil bak terbuka. Kerbau itu dibalut dengan kain ulos.

Acara dilanjutkan dengan membunyikan gendang atau dalam bahasa Mandailing disebut Manyantan Gordang Sambilan dan Gondang. Gordang Sambilan adalah alat musik perkusi yang berjumlah sembilan buah. Sedangkan Gondang Dua adalah ensambel musik yang juga dinamakan gondang boru, gondang topap, dan tunggu-tunggu dua. Alat musik ini terdiri dari dua buah gendang berbentuk “barrel”.

“Kalau gondang itu yang kecil-kecil, kalau gordang yang besar-besar ada sembilan jumlahnya sehingga disebut Gordang Sambilan. Itu dipersiapkan namanya Manyantan Gordang dan Gondang,” ujar Darmin Nasution, selaku suhut Manopot Horja, kemarin.

Acara pun terus berlanjut dengan Galanggang Manortor. Itu adalah ritual untuk membuka arena  yang digunakan untuk panortoran.

Dalam resepsi adat tadi, tortor akan dilaksanakan secara berurutan oleh Suhut (tuan rumah), pengetua adat bermarga Nasution, pengetua adat bermarga Lubis, pengetua adat marga lainnya dari Mandailing, pengetua adat Tabagsel, Inanta Soripada yaitu Ibunda Bobby beserta ibu-ibu lainnya, serta Raja Panusunan, yang akan memimpin persidangan adat.

Raja Panusunan pada acara perkawinan adat Bobby dan Kahiyang adalah H. Pandopotan Nasution, S.H. gelar Patuan Kumala Pandapotan.

Manotor yang pertama di acara ini dinamai Tortor Suhut yang diikuti oleh Erwan Nasution, Darmin Nasution yang bergelar Sutan Kumala Sakti, Faisal Oloan Nasution yang bergelar Mangaraja Parlindungan, Pasununan Nasution bergelar Sutan Parimpunan, dan Parlindungan Nasution bergelar Mangaraja Gunung.

“Di belakangnya AnakBoru mengayapi atau mendukung tortor yang dilakukan oleh Suhut Kahanggi, lalu dilanjutkan dengan Tortor raja-raja Nasution, tortor raja-raja Lubis, dan tortor raja-raja Mandailing lainnya, serta tortor dari Inanta Soripada,” tambah Darmin. “Menari tortor ini menandakan acara adat dimulai.” paparnya.

Inanta Saripada yang menari tortor adalah para istri dari keluarga Nasution, yang terdiri dari Ibu Erwin Nasution, Ibu Erwan Nasution, Ibu Darmin Nasution, Ibu Mulia P. Nasution, Ibu Syaifullah Nasution, Ibu Usman nasution, dan Ibu Tongku Abdul Manan.

Resepsi adat akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada 24 dan 25 November 2017. Puncaknya, akan dilakukan tarian Tortor Somba. Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu manortor di hadapan orang tuanya, sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada orangtua dan raja-raja adat. Kemudian, acara horja ditutup oleh Raja Panusunan dengan mengucapkan horas 3 kali.

Untuk diketahui, Secara silsilah Mandailing, Bobby Nasution merupakan raja generasi ke-7 dari keturunan Raja Gunung Baringin Nasution Mandailing Natal Penyabungan Timur. (yug)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles